Advertisement

Indonesia Borong 24 Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk, Ini Harga dan Spesifikasinya

Redaksi
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Indonesia Borong 24 Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk, Ini Harga dan Spesifikasinya Indonesia akan membeli 2 lusin helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk untuk memperkuat armada helikopter TNI dari Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Indonesia memborfong 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk dari Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS). Pembelian helikopter itu disebut untuk memperkuat armada helikopter TNI 

Melansir situs Kementerian Pertahanan, Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan dan Vice President of Global Business Development Sikorsky, Lockheed Martin, Jeff White, menandatangani perjanjian awal (Head of Agreement/HOA) pengadaan 24 unit Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk tipe GFA.

Advertisement

Penandatanganan itu disakasikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada Rabu (23/8/2023). Wakil Menteri BUMN RI, Rosan Roeslani juga turut menyaksikan penandatanganan yang dilakukan di fasilitas Lockheed Martin, Washington tersebut.

“Kerja sama ini akan dapat menambah kekuatan TNI sekaligus memperkuat industri pertahanan dalam negeri,” kata Prabowo.

BACA JUGA: Waduh! Baru Dibuka TPS Sementara di Tamanmartani Hampir Penuh

Menurut Gita bahwa melalui perjanjian ini, PTDI akan terus mengembangkan aktivitas yang diperlukan untuk membawa Black Hawk ke Indonesia.

“Kami yakin kerja sama strategis antara PTDI dan Sikorsky ini akan menghasilkan nilai tambah yang diperoleh atas kemampuan PTDI dalam integrasi, kustomisasi, modifikasi dan peningkatan sistem untuk penyelesaian helikopter,” ujarnya.

Lebih lanjut, kerja sama ini memungkinkan PTDI untuk bisa melakukan MRO pada Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk, berikut sistem dan mesinnya. Selain itu, dengan menjadi pemasok resmi Sikorsky, PTDI juga dapat mengembangkan bisnis aerostructure-nya.

Sementara itu, Presiden Sikorsky Paul Lemmo mengatakan perjanjian ini mencerminkan komitmen bersama dengan PTDI untuk menyediakan helikopter S-70M Black Hawk guna memenuhi kebutuhan keamanan Indonesia.

“Black Hawk dirancang dan dibangun sesuai standar militer yang paling ketat, mampu mengantarkan personel dan persediaan dengan cepat dan dapat diandalkan ke daerah yang terpencar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia,” ujar Paul Lemmo.

Spesifikasi

Helikopter S-70M Black Hawk yang dibangun di fasilitas PZL Miele milik Lockheed Martin, Polandia merupakan pesawat yang dapat diandalkan bagi negara-negara yang mengoperasikannya di seluruh dunia.

Dengan fleksibilitas multi-misi yang tak tertandingi dan sertifikat keamanan militer, mampu beroperasi dalam kondisi cuaca ekstrem baik siang maupun malam, termasuk transportasi pasukan, evakuasi medis, pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan, dan lain sebagainya.

Dilengkapi kabin berukuran 11,2 meter kubik dengan tempat duduk eksekutif dan komunikasi untuk transportasi yang nyaman, aman, terjamin, untuk angkut personel dan VIP atau kepala negara, serta dilengkapi dengan standar keamanan pilot yang cukup ketat.

Mengutip informasi dari Lockheed Martin, harga satu unit helikopter Sikorsky S 70M Black Hawk US$10,2 juta atau sekitar Rp156 miliar.

Sikorsky S 70M Black Hawk adalah helikopter multiperan yang paling banyak digunakan oleh 34 angkatan bersenjata di seluruh dunia termasuk AS.

Sikorsky S 70M Black Hawk merupakan helikopter yang dikenal tangguh dan sudah bolak-balik menunjukkan kemampuannya di zona tempur selama 40 tahun terakhir.

Helikopter buatan Sikorsky Aircraft ini diklaim mampu melakukan berbagai misi, mulai dari misi di darat, laut hingga udara dengan kondisi apapun.

Sikorsky S 70M Black Hawk diketahui memiliki kapasitas sekitar 4,6 ribu kilogram dan daya angkut sekitar 4,08 ribu kilogram.

Pada bagian sayap, Sikorsky S 70M Black Hawk dilengkapi slot untuk membawa senjata, roket, atau rudal. Helikopter ini juga dibekali sensor elekro optik yang mampu mengakurasi bidikan dengan tepat.

Sikorsky S 70M Black Hawk adalah salah satu helikopter terbaik di generasi yang didesain mampu menghadapi cuaca ekstrem.

Helikopter Sikorsky S 70M Black Hawk mampu bertahan di cuaca dingin dengan suhu di bawah 40 derajat Celcius atau cuaca panas dengan suhu 55 derajat Celcius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Target Pembayaran PBB-P2 Kulonprogo Tercapai Rp5,3 Miliar

Kulonprogo
| Jum'at, 03 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement