Advertisement

Festival UMKM Kabupaten Magelang Ikut Ramaikan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Nina Atmasari
Kamis, 24 Agustus 2023 - 21:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Festival UMKM Kabupaten Magelang Ikut Ramaikan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dan jajaran Forkompimda saat membuka Festival UMKM.

Advertisement

Harianjogja.com, KOTA MUNGKID— Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai peran yang strategis dalam menggerakkan pembangunan ekonomi nasional maupun daerah.

Selain berperan dalam pertumbuhan dan kestabilan perekonomian, UMKM merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan melalui pengembangan dunia usaha.

Advertisement

Hal ini disampaikan oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin pada saat membuka kegiatan Festival UMKM Kabupaten Magelang Tahun 2023 dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Kamis (24/8/2023).

BACA JUGA: Pemkab Magelang Gelar Soft Launching Mal Pelayanan Publik

Hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dan jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang.

Zaenal Arifin menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Magelang sangat memberikan perhatian terhadap pertumbuhan UMKM yang saat ini berkembang lebih dari 109 ribu UMKM di Kabupaten Magelang dan memberikan kontribusi yang besar dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Pemerintah Kabupaten Magelang akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam melakukan berbagai upaya untuk mendorong membangkitkan sektor UMKM, sekaligus guna mewujudkan UMKM yang tangguh dan mandiri di Kabupaten Magelang," kata, Zaenal Arifin dalam sambutannya.

Melalui Festival UMKM ini, Ia berharap mampu menggerakkan roda perekonomian bagi para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Magelang, sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat menciptakan dan mempunyai pangsa pasar tersendiri.

Selain itu secara signifikan mampu meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM, sekaligus merupakan bagian dari ikhtiar bersama dalam rangka mewujudkan kolaborasi UMKM untuk terus melaju, untuk Indonesia Maju.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyampaikan, kegiatan Festival UMKM ini dalam rangka memeriahkan HUT Ke- 78 Kemerdekaan RI dengan tema 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'.

"Sedangkan tujuan dari Festival UMKM ini yaitu, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mengendalikan inflasi, serta mengidentifikasi dan menampilkan potensi unggulan dari daerah dan memberikan hiburan yang dapat dinikmati oleh masyarakat," kata, Basirul.

Untuk diketahui bersama, Festival UMKM ini dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai dengan 27 Agustus 2023 di lapangan drh Soepardi, Sawitan, Kota Mungkid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Asyik! 4 Pasar di Jogja Kini Sudah Punya Kios Segoro Amarto

Jogja
| Kamis, 09 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement