Advertisement

Model TPS3R Kupas Panggungharjo Bisa Jadi Solusi soal Sampah

Galih Eko Kurniawan
Minggu, 13 Agustus 2023 - 10:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Model TPS3R Kupas Panggungharjo Bisa Jadi Solusi soal Sampah TPS3R Kupas Panggungharjo, Bantul, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Lewat pembangunan fasilitas tempat pengolahan sampah reduce reuse recycle (TPS3R) Kupas, Desa Panggungharjo, Bantul kini menjelma jadi desa dengan kemampuan pengolahan dan pemilahan sampah yang baik.

Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi mengatakan pembangunan TPS3R bersama para mitra telah berhasil mengelola sampah dari 2000 rumah tangga di Panggungharjo. Sampah yang dikelola diolah menjadi kompos, pupuk cair dan dipilah menjadi material daura ulang selanjutnya dengan industri daur ulang.

Advertisement

“TPS3R Kupas telah berhasil mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Piyungan sebesar 80 persen. Kalau ini bisa dikembangkan oleh TPS3R lain, maka bisa mengurangi beban TPA Piyungan secara signifikan,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Minggu (13/8/2023).

Tak cuma itu, TPS3R Kupas Panggungharjo juga bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi 33 orang. Dalam perkembangannya, TPS3R Kupas bekerja sama dengan pemerintah daerah, masyarakat dan beberapa pihak lainnya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah.

Misalnya dengan Danone-Aqua ada program penguatan kelembagaan, pengembangan pengetahuan tentang persampahan. “Semoga yang telah kami lakukan disini dapat menginspirasi daerah lain untuk membuat hal serupa sehingga bisa bersama-sama mengurangi timbulan sampah di TPA,” papar Wahyudi.

Relation Manager Pabrik Aqua Klaten, Rama Zakaria, menuturkan Panggungharjo menjadi mitra yang berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Selain TPS3R Kupas di Panggungharjo, kerja sama serupa diterapkan di TPS3R GIAAAAT Minomartani, Sleman.

Sementara di Desa Tembi, Bantul ada Collection Center Sentral Busa yang mampu mengumpulkan 40 ton botol PET/bulan yang mendapatkan pendampingan yang sama dari Aqua. “Diharapkan seluruh inisiatif yang kami lakukan dapat menjadi inspirasi untuk dikembangkan di tempat lainnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks dari Stasiun Tugu Jogja ke Kutoarjo, Minggu 29 September 2024

Jogja
| Minggu, 29 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement