Advertisement

Korban Mutilasi di Sleman Tidak Lakukan Penelitian LGBT

Jumali
Rabu, 09 Agustus 2023 - 14:27 WIB
Jumali
Korban Mutilasi di Sleman Tidak Lakukan Penelitian LGBT Suasana rekonstruksi kasus mutilasi yang dilakukan di indekos pelaku Waliyin di Krapyak, Triharjo, Selasa (8/8 - 2023) / Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof Gunawan Budianto memastikan motif pembunuhan terhadap salah satu mahasiswa Fakultas Hukum, Redho Tri Agustian, 20 tidak ada hubungannya dengan LGBT seperti yang diduga sebelumnya.

BACA JUGA: Motif Mutilasi Mahasiswa UMY Terungkap

Advertisement

Selain itu, Gunawan juga menyatakan korban tidak melakukan penelitian tentang kelompok LGBT.

"Dia memang banyak penelitian, kemarin dapat juga hibah penelitian dari lembaga kemahasiswaan. Topik LGBT belum kami temukan, karena itu hanya dari diskusi dengan teman-temannya," ungkap Prof Gunawan, ditemui wartawan usai pembukaan The 7th International Conference on Sustainable Innovation (ICOSI), Rabu (9/8/2023).

Gunawan menyebut Redho bahkan mendapatkan hibah penelitian dengan tema young entrepreneur dan didapuk sebagai ketua tim. Timnya berhasil meraih posisi kedua dan akan dilombakan secara nasional, namun ketika diumumkan, Redho diketahui telah hilang.

Saat ini tim kuasa hukum dari UMY telah mendampingi keluarga korban seuusai polisi memastikan DNA korban. Selain itu, kampus juga ikut mendampingi dan membiayai kepulangan jenazah korban ke kota asal, Pangkal Pinang, pada Jumat (4/8/2023) lalu.

Ke depan, tim kuasa hukum UMY akan tetap mendampingi keluarga korban hingga vonis dijatuhkan kepada pelaku. Gunawan berharap pengadilan mengungkap lebih banyak fakta hukum mengenai kasus ini.

"Mudah-mudahan pengadilan nanti akan mengungkap lebih banyak fakta hukum yang selama ini gelap. Tapi itu kan ranah polisi, kampus tidak akan pernah punya kemampuan untuk ke sana, gitu," ungkapnya.

Sebelumnya, polisi sudah menepis penyelidikan dugaan kekerasan seksual dalam kasus mutilasi yang dilakukan Waliyin dan Ridduan terhadap Redho.

Polda DIY menggelar rekonstruksi pembunuhan dan mutilasi yang dilakukan tersangka Waliyin, 28; dan Ridduan, 39, terhadap seorang mahasiswa, Selasa (8/8/2023). Dalam reka ulang, korban tewas dalam posisi tangan dan kaki terikat serta mulut dilakban.

Puluhan adegan diperagakan kedua pelaku, mulai dari Waliyin yang menjemput hingga menghabisi nyawa korban. Reka ulang digelar di rumah indekos yang disewa Waliyin di Krapyak, Triharjo, Sleman. Waliyin adalah warga Magelang, sedangkan Ridduan warga DKI Jakarta. Pembunuhan dan mutilasi dilakukan pada Selasa (11/7/2023).

Waliyin dan Ridduan pelaku tiba di lokasi rekonstruksi sekitar pukul 09.30 WIB. Warga sekitar lokasi antusias menyaksikan serangkaian adegan yang diperagakan kedua tersangka.

BACA JUGA: Kronologi Waliyin Memutilasi Mahasiswa di Sleman, Berawal dari Undangan Bertemu di Kos

Dirreskrimum Polda DIY, Kombes Pol F. X. Endriadi mengungkapkan ada 49 adegan yang diperagakan tersangka. “Reka ulang ini digunakan sebagai materi pemberkasan dan untuk penuntutan pembuktian dalam sidang,” katanya saat ditemui di lokasi rekonstruksi.

Awalnya, reka ulang akan digelar di tiga titik mencakup lokasi pembunuhan, pembuangan organ, hingga lokasi penguburan kepala korban. Namun karena situasi, rekonstruksi hanya digelar di sekitar indekos pelaku.

Dalam reka ulang, korban sempat diikat hingga dilakban mulutnya sebelum akhirnya tewas. Berdasar pantauan Harian Jogja, reka ulang diawali dengan kedatangan dua tersangka ke indekos Waliyin. Mereka datang dengan sepeda motor.

Setelah turun dari sepeda motor, Waliyin dan Ridduan langsung masuk kamar. Di dalam kamar, salah satu pelaku menghubungi korban melalui ponsel. Tak berselang lama, Waliyin pergi untuk menjemput korban. Beberapa saat kemudian, Waliyin tiba bersama korban di kamar indekosnya. Kedatangan keduanya diketahui oleh tetangga indekos Waliyin. Selanjutnya, Waliyin menyerahkan korban kepada Ridduan, sedangkan Waliyin pergi keluar. Di dalam kamar, Ridduan kemudian mengobrol dengan korban dalam posisi duduk bersila.

BACA JUGA: Profil Waliyin, Sosok Pendiam yang Memutilasi Mahasiswa UMY di Sleman

Adegan dilanjutkan saat Ridduan mulai melepas pakaian korban dalam posisi duduk. Selanjutnya Ridduan mengikat tangan korban dengan posisi tangan ada di belakang. Ridduan juga mengikat kaki korban. Dalam kondisi terikat, korban kemudian disuruh berdiri dan didorong ke tembok oleh Ridduan. Pada momen ini, tersangka kemudian melakban mulut korban. Korban terjatuh.

Endriadi menegaskan korban meninggal akibat tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pelaku. Polisi menepis adanya dugaan aktivitas seksul yang mengarah ke sadisme. Endriadi menyebut peristiwa dalam kasus ini adalah pembunuhan dengan modus kejahatan tindakan kekerasan. "Kami tidak menyelidiki ke sana [aktivitas seksual disertai sadisme]. Ini peristiwanya pembunuhan," kata dia.

Tindakan kekerasan yang terjadi dalam kasus ini, menurut Endriadi, bermacam-macam mulai dari pemukulan hingga pencekikan. "Modusnya dengan tindakan kekerasan, salah satunya ditali [dijerat], kemudian dicekik, dipukul," katanya. Menurut Endriadi, jajarannya menggelar rekonstruksi untuk menceritakan peristiwa. “Untuk pembuktian bagaimana, kemudian terbunuhnya karena apa, nanti dibuktikan di persidangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Indonesia Vs Irak, Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement