Advertisement

Gibran Rakabuming Raka Teratas Survei Calon Gubernur Jawa Tengah

Newswire
Kamis, 22 Juni 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Gibran Rakabuming Raka Teratas Survei Calon Gubernur Jawa Tengah Gibran Rakabuming Raka / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memiliki potensi untuk terpilih menjadi gubernur Jawa Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia. "Potensi Gibran untuk menjadi Jateng 1 sangatlah besar, sehingga sayang untuk dilewatkan atau dikorbankan demi menjadi wakil presiden atau Gubernur DKI," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam rilis survei Peta Politik Terkini Pilkada Jawa Tengah 2024 Pasca Ganjar Pranowo, Kamis (22/6/2023).

Advertisement

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa popularitas Gibran menempati posisi tertinggi dengan 77% responden mengetahui Gibran, dibandingkan dengan eks wakil gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin sebesar 48,3% dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sekaligus eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi sebanyak 37,9%.

BACA JUGA: Ujian SIM Dipermasalahkan, Korlantas Akan Studi Banding ke Luar Negeri

Gibran juga menempati posisi tertinggi dalam tingkat kesukaan tokoh dengan persentase 71,6%. Hasil survei itu juga menunjukkan elektabilitas Gibran menjadi Gubernur Jawa Tengah menempati posisi tertinggi dalam berbagai simulasi, baik simulasi terbuka, simulasi tertutup, simulasi tertutup dengan skenario 11 tokoh, simulasi tertutup dengan skenario tiga tokoh, maupun simulasi tertutup dengan dua tokoh.

Oleh karena itu, menurut Adi Prayitno, sangat disayangkan apabila potensi Gibran untuk menjadi gubernur Jawa Tengah itu dilewatkan demi menjadi wakil presiden atau gubernur DKI Jakarta yang peluangnya tidak sebesar menjadi gubernur Jawa Tengah.

"Dari sisi elektabilitas, tidak bisa dibantah bahwa Gibran Rakabuming Raka sementara ini hampir mustahil untuk dikalahkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan, Senin 9 September 2024

Jogja
| Senin, 09 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement