Advertisement

Diiringi Belasan Mobil, Kaisar Jepang Naruhito ke Kraton Jogja lewat Tugu dan Malioboro

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 21 Juni 2023 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Diiringi Belasan Mobil, Kaisar Jepang Naruhito ke Kraton Jogja lewat Tugu dan Malioboro Iring-iringan Mobil Kaisar Jepang Naruhito memasuki kawasan Kraton Jogja, Rabu (21/6 - 2023) / Humas DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kaisar Jepang, Naruhito makan malam alias Royal Dinner bersama Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Kraton Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X. Masuk ke area Kraton, Kaisar Naruhito diiringi belasan mobil.

Iring-iringan mobil memasuki pelataran sisi barat Kraton Jogja pukul 17.58, Rabu (21/6/2023). Iring-iringan tersebut disambut dengan musik repertoar. 

Advertisement

Kepala Dirlantas Polda DIY Alfian Nurrizal menyampaikan dalam kunjungannya kali ini, Kaisar Jepang Naruhito ingin melihat budaya yang ada di Jogja, sehingga rombongan iring-iringan Kaisar dilewatkan pada sejumlah titik sentral di Kota Jogja.

"Rangkaian kami bagi dua tentunya beliau [Kaisar Jepang Naruhito] ingin melihat budaya yang ada di Jogja, maka kami melewati Tugu, Malioboro hingga Kraton. Saat ini sedang berlangsung [Royal Dinner] dan tentunya ini memang tujuan ke Jogja, selain di Sabo, dan kegiatan Royal Dinner ini. Lanjut besok [lawatan Kaisar Jepang] ke Candi Borobudur," katanya saat ditemui di gerbang masuk sisi barat Kraton Jogja.

BACA JUGA: Kaisar Jepang Naruhito Datang, Proyek Sabo Kerja Sama Indonesia-Jepang Bakal Diteruskan

Dia menyampaikan dalam iring-iringan pengawalan tersebut terdiri dari lima mobil di rangkaian utama, dan 10 mobil di rangkaian cadangan. Kaisar sendiri berada di rangkaian pertama pengawalan.

Alfian menyampaikan iring-iringan pengawalan Kaisar Jepang sore ini berangkat dari Hotel Tentrem, tempat Kaisar menginap, sekitar pukul 17.45 WIB. Sesampainya di Kraton Jogja, menurut Alfian, Kaisar Jepang disambut Sri Sultan HB X dan Gusti Mangkubumi, Putri Sulung Raja Kraton Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Sleman Buka Penjaringan Calon untuk Pilkada 2024, Ini Kriterianya

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement