Advertisement

Bea Cukai Yogyakarta Optimalkan Layanan di Bandara Internasional YIA Melalui E-CD Nasional

Media Digital
Selasa, 20 Juni 2023 - 09:27 WIB
Jumali
Bea Cukai Yogyakarta Optimalkan Layanan di Bandara Internasional YIA Melalui E-CD Nasional Bea Cukai Yogyakarta Optimalkan Layanan di Bandara Internasional YIA Melalui E-CD Nasional - Ist

Advertisement

Yogyakarta – Customs Declaration (CD) merupakan pemberitahuan pabean atas barang bawaan penumpang dari luar negeri yang diatur dalam PMK 203 Tahun 2017. Pemberitahuan ini disampaikan oleh penumpang yang tiba di Indonesia melalui bandara internasional secara tertulis.

Bea Cukai Yogyakarta mulai menerapkan piloting pengisian Customs Declaration secara elektronik untuk seluruh penerbangan Internasional di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mulai per 24 Mei 2023. Diharapkan dengan implementasi Electronic Customs Declaration (e-CD) ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dan pengawasan penumpang dari luar negeri.

Advertisement

Aplikasi e-CD ini sebelumnya sudah diterapkan di beberapa bandara internasional di Indonesia, diantaranya Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Ngurah Rai, Bandara Internasional Kualanamu dan Bandara Internasional Komodo. Penumpang yang akan turun di bandara Internasional YIA dapat mengisi e-CD melalui website ecd.beacukai.go.id atau melalui aplikasi mobile bea cukai yang dapat didownload di playstore atau apple store. Di dalam form e-CD tersebut, penumpang juga dapat langsung mengisi form registrasi IMEI. e-CD ini dapat diisi dimana saja dengan waktu paling cepat 2 hari sebelum tanggal kedatangan, jadi semakin memudahkan para penumpang.

Tentunya, Bea Cukai Yogyakarta meminta dukungan berbagai pihak dalam penerapan e-CD ini, utamanya maskapai penerbangan dan masyarakat untuk bersama-sama mengetahui kebijakan ini yang akan memudahkan penerapan e-CD, sehingga proses pelayanan dan pengawasan Bea Cukai semakin optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hardiknas 2024, Bayar UKT Mahasiswa Terjebak Pinjol Hingga Gadaikan Barang

Sleman
| Jum'at, 03 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement