Advertisement

Rusia Bakal Pindahkan Senjata Nuklir ke Belarus pada Juli

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 10 Juni 2023 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Rusia Bakal Pindahkan Senjata Nuklir ke Belarus pada Juli Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menghadiri pertemuan Dewan Negara Tertinggi Negara Persatuan Rusia dan Belarus di Kremlin di Moskow, Rusia, 6 April 2023. (Sputnik/Mikhail Klimentyev - as)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pengerahan senjata taktis nuklir di Belarus akan dimulai pada Juli. Hal itu diungkap Putin dalam sebuah pertemuan dengan Presiden Belarus Aleksandr Lukashenko di Sochi.

Putin mengatakan bahwa pembangunan fasilitas khusus diperlukan untuk pengerahan yang dijadwalkan akan selesai pada 7-8 Juli.

Advertisement

BACA JUGA: Perang Rusia vs Ukraina: Miris, Jumlah Korban Lampaui 9 Tahun Perang Uni Soviet vs Afghanistan

"Pada isu-isu yang paling sensitif yang telah kami sepakati, semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Seperti yang Anda ketahui, persiapan fasilitas yang terkait akan selesai pada 7-8 Juli, dan kami akan segera memulai kegiatan yang berkaitan dengan penyebaran jenis senjata yang relevan di wilayah Anda," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (10/6/2023).

Pada akhir Mei, menteri pertahanan Rusia dan Belarus menandatangani perjanjian penyebaran senjata nuklir Rusia di Belarus, yang menetapkan persyaratan untuk menyimpannya di fasilitas penyimpanan khusus.

Pada awal tahun ini, Putin mengumumkan bahwa Rusia akan mengerahkan senjata taktis nuklir dan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan khusus untuk mereka di negara tetangganya, Belarus.

Putin mengatakan bahwa langkah tersebut adalah tanggapan atas meningkatnya risiko keamanan. Putin juga menegaskan bahwa Moskow mengikuti Amerika Serikat, yang mengerahkan senjata taktis nuklirnya di negara-negara Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement