Advertisement

Rekrutmen CPNS 2023 Terancam Molor hingga Ditiadakan

Restu Wahyuning Asih
Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Rekrutmen CPNS 2023 Terancam Molor hingga Ditiadakan Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang banyak dinanti oleh masyarakat disinyalir bisa tak terlaksana pada tahun ini. Batalnya rekrutmen CPNS ini diakibatkan karena penentuan formasi Kementerian Lembaga (KL) dan pemerintah daerah (pemda) tak kunjung rampung.

Padahal sebelumnya, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan rekrutmen CPNS 2023 akan dibuka untuk umum pada Juni atau Juli akhir. Menurut Anas, saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi.

Advertisement

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” katanya pada Januari 2023, dikutip dari laman Menpan-RB.

Apabila pada Juni atau Juli kebutuhan jumlah cpns atau formasi telah diusulkan, maka rekrutmen CPNS bisa dilakukan pada Desember 2023.

Namun apabila tidak sesuai rencana, maka rekrutmen terancam batal karena mepet dengan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Untuk diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dilarang melakukan kegiatan apapun selama Pemilu berlangsung. Hal ini pun berpengaruh pada rekrutmen CPNS.

Adapun formasi yang diusulkan tiap instansi ini penting diserahkan untuk mengetahui seberapa banyak serapan CPNS yang bisa direkrut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement