Advertisement

Progres Pembangunan 15%, Agustus 2024 Optimistis Bisa Upacara di IKN

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 27 Mei 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Progres Pembangunan 15%, Agustus 2024 Optimistis Bisa Upacara di IKN Pejabat Pembuat Komitmen Tanggap Darurat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Kementerian PUPR Basuki Suwarno menjelaskan progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi proyek IKN Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/5/2023). - Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, BALIKPAPAN—Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan khususnya untuk paket pekerjaan istana kepresidenan terus berjalan. Hingga saat ini, progres pembangunannya mencapai 15%. 
 
Pejabat Pembuat Komitmen Tanggap Darurat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Kementerian PUPR Basuki Suwarno mengatakan progres 15% tersebut meliputi pembangunan pondasi awal dan konstruksi tanah. Meski baru mencapai 15%, target pemerintah yang akan menggunakan IKN sebagai lokasi Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 akan tercapai. 
"Kami optimistis, 2024 nanti bisa upacara di sini [IKN]," katanya ditemui rombongan wartawan dari DIY di lokasi proyek pembangunan IKN, Sabtu (27/5/2023). 
Iya menjelaskan pembangunan pada 2022-2024 difokuskan pada kawasan istana kepresidenan. Dari 100 hektare yang ada untuk pembangunan kawasan istana tersebut, ada tiga paket pekerjaan yang dilakukan. 
Paket pertama adalah pembangunan lapangan upacara dan istana. Paket kedua pembangunan kantor presiden dan ketiga pembangunan gedung kantor sekretariat presiden dan bangunan pendukung di belakang sayap burung garuda. 
Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur dasar di kawasan istana seperti pembangunan sarana air minum, pengolahan air limbah dan pengelolaan sampah juga ditargetkan selesai pada  2024. "Oktober 2024 secara fisik selesai," katanya. 
Basuki mengatakan istana di IKN memiliki keistimewaan dibandingkan istana di Jakarta yakni lebih hijau dan ramah lingkungan. Burung Garuda dari kuningan dengan bentangan sayap sepanjang lebih dari 200 meter juga akan menjadi ikon di istana kepresidenan ini.
Nantinya, lanjut Basuki, di antara 100 hektare kawasan istana kepresidenan akan ada spot-spot khusus yang dapat diakses oleh masyarakat umum. 
Sementara itu Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Parjiman yang mengantarkan rombongan wartawan dari DIY ke IKN mendukung penuh megaproyek yang sedang dilaksanakan pemerintah tersebut. Ia berharap, pembangunan berjalan sesuai target termasuk rencana penyelenggaraan upacara HUT RI 2024 di IKN. 
"Maksud kedatangan kami ke sini [proyek IKN] untuk memperoleh secara langsung informasi seputar pembangunan IKN. Jadi jangan hanya karena 'jarene' [katanya] tetapi bisa melihat dengan mata kepala sendiri bahwa pembangunan IKN ini memang sudah berjalan," katanya.
Caption: Pejabat Pembuat Komitmen Tanggap Darurat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Kementerian PUPR Basuki Suwarno menjelaskan progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi proyek IKN Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/5/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JJLS Disebut Rawan, Bupati Gunungkidul Minta Kelompok Jaga Warga Mengambil Peran

Gunungkidul
| Rabu, 24 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement