Advertisement

Untuk Ketiga Kalinya, Induk WhatsApp, Facebook dan Instagram Mau PHK Massal Lagi

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 25 Mei 2023 - 11:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Untuk Ketiga Kalinya, Induk WhatsApp, Facebook dan Instagram Mau PHK Massal Lagi Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Meta, induk Facebook, Instagram dan WhatsApp dikabarkan segera melakukan PHK karyawan di seluruh unit bisnis dan operasinya pada hari Rabu (24/5/2023). Ini gelombang terakhir PHK yang dilakukan Meta.

Dilansir dari Reuters, Kamis (25/5/2023) pemangkasan ini merupakan gelombang terakhir dari tiga tahap pemutusan hubungan kerja (PHK), yang merupakan bagian dari rencana yang diumumkan pada bulan Maret lalu untuk mengeliminasi 10.000 pekerjaan.

Advertisement

Puluhan karyawan yang bekerja di tim-tim seperti pemasaran, keamanan situs, teknik perusahaan, manajemen program, strategi konten, dan komunikasi perusahaan menggunakan LinkedIn untuk mengumumkan bahwa mereka telah diberhentikan.

Raksasa media sosial ini juga memangkas karyawan dari unit-unitnya yang berfokus pada privasi dan integritas, menurut postingan LinkedIn.

Meta pada awal tahun ini menjadi perusahaan teknologi besar pertama yang mengumumkan PHK massal putaran kedua, setelah pada musim gugur tahun lalu mem-PHK lebih dari 11.000 karyawannya. 

Pemangkasan ini membuat jumlah karyawan perusahaan turun menjadi sekitar pertengahan 2021, menyusul perekrutan yang menggandakan jumlah tenaga kerjanya sejak 2020.

Saham perusahaan ditutup naik tipis di pasar yang secara luas melemah. Nilai sahamnya naik lebih dari dua kali lipat tahun ini dan termasuk di antara saham-saham berkinerja terbaik di indeks S&P 500 (.SPX), berkat upaya pemangkasan biaya dan fokus Meta pada kecerdasan buatan.

CEO Meta Mark Zuckerberg pada bulan Maret mengatakan bahwa sebagian besar PHK pada putaran kedua perusahaan akan berlangsung dalam tiga "momen" selama beberapa bulan, yang sebagian besar akan selesai pada bulan Mei. Beberapa putaran yang lebih kecil dapat berlanjut setelah itu, katanya.

Secara keseluruhan, pemangkasan ini paling banyak menghantam peran non-teknik, memperkuat keunggulan mereka yang menulis kode di Meta. Zuckerberg telah berjanji untuk merestrukturisasi tim bisnis "secara substansial" dan kembali ke "rasio insinyur yang lebih optimal untuk peran lain."

Bahkan di antara pemangkasan yang ditujukan khusus untuk tim teknologi, perusahaan telah menghilangkan peran non-teknisi seperti desain konten dan penelitian pengalaman pengguna yang paling parah, menurut para eksekutif yang berbicara di balai kota perusahaan setelah putaran terakhir PHK pada bulan April.

Zuckerberg juga sempat mengatakan ada sekitar 4.000 karyawan kehilangan pekerjaan mereka pada April 2023. 

Perusahaan media sosial ini mengatakan pada hari Rabu bahwa pemangkasan terbaru ini kemungkinan akan berdampak pada sekitar 490 karyawan di kantor pusat internasionalnya di Dublin, atau hampir 20 persen dari seluruh tenaga kerjanya di Irlandia.

Dua eksekutif puncak di pasar utama India , Direktur pemasaran Avinash Pant dan Saket Jha Saurabh, Direktur dan Kepala kemitraan media juga diberhentikan, menurut dua orang yang memiliki pengetahuan langsung tentang masalah ini.

Kedua eksekutif tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar.

PHK yang dilakukan Meta terjadi setelah pertumbuhan pendapatan yang menurun selama berbulan-bulan di tengah inflasi yang tinggi dan penurunan iklan digital akibat booming e-commerce akibat pandemi.

Perusahaan juga telah menggelontorkan miliaran dolar ke unit Reality Labs yang berorientasi metaverse, yang merugi US$13,7 miliar pada 2022, dan sebuah proyek untuk meningkatkan infrastrukturnya untuk mendukung pekerjaan kecerdasan buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement