Advertisement

Viral Video Proses Menembus Terowongan Bawah Tanah Bendungan Bener Purworejo

Sunartono
Rabu, 10 Mei 2023 - 21:00 WIB
Sunartono
Viral Video Proses Menembus Terowongan Bawah Tanah Bendungan Bener Purworejo Tangakapan layar video proses tunnel breakthrough terowongan pengelak Bendungan Bener, Purworejo. - Tiktok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video proses prosesi tunnel breakthrough (penembusan terowongan inlet-outlet) proyek pembangunan Bendungan Bener, Purworejo sempat viral di platform media sosial Tiktok.

Video yang diunggah oleh akun @mahardika0902 sempat masuk ke beranda for your page (FYP) dengan dikomentari ratusan akun dan ditonton ribuan orang pada Selasa (9/5/2023). Sejumlah warganet memberikan komentar terkait proses menembus yang bisa tepat sasaran perlu survei dan kecermatan.

Advertisement

BACA JUGA : Proyek Bendungan Bener di Wadas Dicek Komisi III DPR RI

Unggahan video itu mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Meski pada Rabu (10/5/2023) unggahan tersebut di akun itu telah hilang. Dalam video yang tersebut terdengar suara bor alat berat menembus bebatuan.

Para pekerja proyek dan beberapa pejabat tampak mengabadikan proses penembusan itu menggunakan ponsel masing-masing. Ketika akan tembus suara eskavator semakin kencang menembus bebatuan, hingga muncullah ujung eskavator tersebut diikuti dengan suasana gembira para pekerja proyek.

Berdasarkan penelusuran Harianjogja.com, proses penembusan terowongan itu dilakukan pada Senin (8/5/2023) lalu. Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro memimpin langsung prosesi penembusan terowongan yang dikenal dengan terowongan pengelak.

Dwi Purwantoro berpesan kepada para pekerja proyek agar selama pengerjaan tetap mengutamakan safety atau K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). “Lanjutkan pekerjaan sesuai perencanaan, semoga semua berjalan lancar dan membawa manfaat serta kebaikan untuk segenap pihak,” katanya sebagaiman dikutip laman sda.pu.go.id.

BACA JUGA : Revitalisasi Bendungan Beton Ponjong Gunungkidul

Kepala Bidang PJSA BBWS Serayu Opak Andi Arwik menjelaskan panjang terowongan mencapai sekitar 850 meter. Tunnel ini merupakan salah satu item pekerjaan yang sangat kritikal, penting dan beresiko tinggi.

“Dan alhamdulillah bisa kita selesaikan tahap breakthrough yang kemudian akan dilanjutkan pekerjaan lining lantai, bottom outlet. Semoga semua berjalan lancar, mohon dukungan dan doa semua pihak,” katanya.

Terowongan pengelak ini memiliki Panjang sekitar 850 meter dengan tinggi atau diameter sekitar tujuh meter. Memiliki fungsi untuk mengalihkan sementara aliran air Sungai Bogowonto agar memudah pembangunan bendungan. Oleh karena itu keberadaan terowongan ini sangat krusial karena tanpa dibangun terowongan akan menyulitkan pembanguna bendungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement