Advertisement

UGK Cair, Warga Terdampak Tol Jogja-Bawen Ada yang Terima Rp11 Miliar

Newswire
Rabu, 10 Mei 2023 - 16:57 WIB
Maya Herawati
UGK Cair, Warga Terdampak Tol Jogja-Bawen Ada yang Terima Rp11 Miliar Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, saat berdialog dengan warga penerima UGK Tol Jogja-Bawen di Bawen, Kabupaten Semarang, Rabu (10/5 - 2023). Solopos.com/Hawin Alaina

Advertisement

Harianjogja.com, UNGARAN—Warga Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menerima uang ganti kerugian (UGK) karena tanahnya terdampak proyek Tol Jogja-Bawen. UGK tertinggi yang diterima warga Rp11 miliar.

Total warga penerima UGK adalah 44 orang.  Pembagian UGK sesi kedua ini total yang dibayarkan mencapai Rp85 miliar.

Advertisement

Pemberian UGK Tol Jogja-Bawen ini diberikan langsung secara simbolis oleh Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, di Kantor Desa Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Rabu (10/5/2023).

Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto menyebut di Desa Kandangan ini pembayaran UGR kali ini terdapat 50 bidang tanah dengan luas 2,3 hektare yang terdampak proyek strategis nasional (PSN) Tol Bawen-Jogja.

BACA JUGA: KPK Tetapkan Rafael Alun Jadi Tersangka Pencucian Uang

“Ada 50 bidang yang harus diberikan [uang ganti rugi] dengan subyek 44 penerima,” kata Hadi, Rabu (10/5/2023).

Hadi membeberkan, warga yang terdampak PSN Tol Jogja-Bawen dari rute Semarang Bawen menuju Jogja rata-rata mendapatkan uang ganti untung mencapai Rp1 miliar hingga Rp2 miliar.

“Rata-rata warga mendapatkan Rp1 miliar, Rp2 miliar bahkan ada juga yang paling tinggi mencapai Rp11 miliar,” ungkapnya.

Dikatakan, ATR/BPN mendukung kelancaran dari proses pembebasan tanah dan pihaknya akan segera menyelesaikan program tersebut tanpa adanya kendala dan berjalan dengan baik. “Saya lihat proses ini berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Disebutkan setelah mendapatkan UGK Tol Jogja-Bawen itu warga merasa senang. Sebab sudah cukup lama menunggu proses pembayaran ini. “Tadi saya tanya kepada masyarakat ternyata ada yang sudah merencanakan untuk pindah rumah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Bantul Terbantu Sistem Elektrifikasi

Bantul
| Sabtu, 20 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement