Advertisement

Ingin Lulus Seleksi Rekrutmen BUMN 2023, Ini Tipsnya

Salma Permata Dewi
Sabtu, 06 Mei 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Ingin Lulus Seleksi Rekrutmen BUMN 2023, Ini Tipsnya Poster pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2022 - Instagram @kementerianBUMN

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka pendaftaran untuk Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023. Awalnya, pembukaan dan pendaftaran daring akan dilaksanakan hari ini, Jumat (5/5/23), tetapi mengalami perubahan menjadi Kamis (11/4/23).

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dalam program RBB ini berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dengan membuka lowongan kerja sebanyak 2.700 di 56 BUMN bagi lulusan Diploma, S1, dan S2. FHCI dan Kementerian BUMN tidak menjelaskan secara rinci alasan pengunduran pendaftaran RBB 2023.

Advertisement

Namun, dalam Instagram resminya, FHCI menuliskan bahwa RBB 2023 diundur dengan harapan dapat memberikan ruang bagi para talenta muda untuk melakukan persiapan yang lebih optimal.

Oleh karena itu, para calon pendaftar perlu melakukan persiapan lebih agar lolos rekrutmen ini.

Berikut beberapa tips agar lulus rekrutmen di perusahaan:

1. Menyiapkan dan melengkapi dokumen

Persiapkan dan cek kembali dokumen dan data sebelum mendaftar. Dokumen-dokumen yang diminta dalam Program RBB ini meliputi SKCK, dokumen sertifikasi, dan lain-lainnya. Anda perlu membaca ketentuan berulang kali hingga yakin sebelum mengirimkan pendaftaran.

2. Mengenali perusahaan yang dituju

Pastikan sebelum melamar sudah mengetahui latar belakang serta pencapaian yang diraih perusahaan tujuan. Ini akan meyakinkan rekruter pendaftar sudah riset dan paham mengenai perusahaan yang dituju. 

3. Mempelajari kemampuan dan kelemahan diri

Memahami kemampuan dan kelemahan diri, Anda bisa lebih mudah mempersiapkan diri saat RBB. Anda bisa menonjolkan dan yakin pada kemampuan dan bisa mengantisipasi kelemahan yang dimiliki. Di sisi lain, rekruter juga akan lebih mudah menentukan posisi yang sesuai untuk Anda. 

4. Mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya

Setelah lolos seleksi tahap pertama, para calon karyawan BUMN akan melakukan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan AKHLAK sehingga perlu persiapan diri yang lebih. Lalu, saat tahap wawancara, pastikan Anda memahami CV, perusahaan, dan posisi yang Anda inginkan. Datang tepat waktu dan berpenampilan yang rapi juga penting dalam tahap ini.

5. Berdoa

Tidak hanya berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa berdoa demi kelancaran proses rekrutmen.

Pendaftaran daring bisa diakses melalui situs resmi FHCI, yakni fhcibumn.com, saat 11 Mei 2023 mendatang. Agar tidak tertinggal info terbaru, Anda bisa memantau media sosial FHCI atau Kementerian BUMN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement