Advertisement

Kolesterol Naik Saat Lebaran? Ini Makanan yang Cepat Menurunkan Kadar Kolesterol

ST22
Senin, 24 April 2023 - 16:57 WIB
Jumali
Kolesterol Naik Saat Lebaran? Ini Makanan yang Cepat Menurunkan Kadar Kolesterol Ilustrasi kue kering./Bisnis Indonesia - Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Makan khas Lebaran seperti opor atau gulai ayam, daging rendang, sayur lodeh, semur daging, sambal goreng ati selain enak juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Tidak heran jika jajaran sajian Lebaran ini memicu kenaikan berat badan.

Agar perjuangan diet saat berpuasa tak berujung percuma serta kesehatan tetap terjaga, berikut ialah makanan yang dapat cepat menurunkan kadar kolesterol saat Lebaran

Advertisement

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, arugula, dan kangkung makanan sehari-hari yang tak jarang dirindukan saat lebaran karena kehadirannya jadi sulit ditemui. Kolesterol dapat cepat menurun karena antioksidan yang terkandung dalam ketiga jenis sayuran hijau ini, dimana fungsinya dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, bahkan biji bunga matahari dapat sedikit menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat), sekitar 5% bila dikonsumsi sekitar 2 ons per harinya. Hal ini berkat kandungan fitosterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

Menurut Farahmandfar dkk menyatakan fitosterol yang ditemukan dalam biji bunga matahari dengan jumlah besar dalam makanan cenderung menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta meningkatkan respon imun dan faktor risiko penyakit tertentu seperti kanker.

3. Buah-buahan

Pisang dan segudang manfaatnya kini dapat pula membantu mengurangi kolesterol akibat makanan yang telah dikonsumsi, berkat kandungan zat inulin yang tak sekedar mengurangi namun dapat pula mengendalikan kadar kolesterol.

Selain itu ada pula mentimun buah yang biasa dijadikan es, lalapan atau ditumis dengan sayuran lainnya ini ternyata memiliki kandungan sterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida bahkan mengontrol peningkatan gula darah.

Tak doyan dimakan secara langsung, cara lain ialah buatlah infused water atau rendam potongan mentimun dalam air bisa pula ditambah potongan lemon atau anggur atau buah favoritmu lainnya.

4. Teh hitam

Dua senyawa dalam teh yakni katekin (membantu mengaktifkan oksida nitrat) dan (antihistamin dan anti radang mencegah reaksi alergi) tidak cuma baik untuk kesehatan tekanan darah termasuk pula pembuluh darah serta mencegah pembekuan darah namun katekin juga mampu menghambat sintesis dan penyerapan kolesterol. Semua manfaat itu dapat kamu temui dan terkandung dalam teh hijau, hitam ataupun putih.

5. Susu kedelai

Tak jarang beberapa keluarga saat lebaran menyediakan minuman kaleng salah satunya susu kedelai. Namun untuk membantu menurunkan kolesterol yang meningkat sebaiknya minumlah susu kedelai dengan kandungan gula rendah atau no sugar.

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai lah yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah, begitu juga makanan dari olahan kacang kedelai seperti tempe dan tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement