Advertisement

Pencapresan Ganjar di Hari Kartini Jadi Kabar Gembira Srikandi PDIP

Newswire
Sabtu, 22 April 2023 - 01:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Pencapresan Ganjar di Hari Kartini Jadi Kabar Gembira Srikandi PDIP Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) disaksikan Presiden Joko Widodo (kiri) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4 - 2023). PDI Perjuangan resmi menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. /Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-PDI Perjuangan secara resmi telah menetapkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang akan diusung dalam Pemilu 2024. Penetapan itu langsung direspons sejumlah pihak termasuk Srikandi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya Khusnul Khotimah yang mewakili Srikandi PDIP Surabaya menilai diumumkannya Ganjar Pranowo sebagai kandidat capres merupakan kabar bahagia di Hari Kartini.

Advertisement

"Kami perempuan-perempuan Indonesia mendengar kabar yang sangat membahagiakan di Hari Kartini ini," ujarnya Jumat (21/4/2023).

Diketahui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan bakal calon presiden (capres) dari partainya. Megawati mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Pengumuman Ganjar sebagai capres PDI Perjuangan, katanya, di momen Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April menjadi momen sangat spesial bagi perempuan Indonesia. Selain itu, juga membangkitkan gairah para Srikandi PDI Perjuangan Surabaya, untuk satu komando memenangkan Ganjar.

"Pak Ganjar yang terkenal sangat pro perempuan telah dipilih Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai capres. Kami sangat antusias menyambutnya," kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya ini.

Menurut Khusnul, dipilihnya tanggal 21 April sebagai pengumuman Ganjar sebagai capres, memiliki arti yang sangat mendalam. Sebab peringatan Hari Kartini adalah sebuah hari yang didedikasikan untuk mengenang semangat pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini, dalam membangun prinsip emansipasi dan perjuangan kaum perempuan.

"Ibu Kartini juga menjadi simbol untuk berani melakukan terobosan, mengirim pesan pencerahan kepada semua tentang pentingnya kaum perempuan. Sehingga pengumuman Pak Ganjar capres juga menjadi momentum untuk tiada henti membangun semangat keadilan gender di berbagai bidang kehidupan," katanya.

Selama Ganjar menjabat Gubernur Jawa Tengah, kata dia, program-program Ganjar sangat memuliakan para perempuan dan hasilnya dirasakan begitu nyata bagi perempuan.

"Kami ingin, program-program Pak Ganjar yang pro perempuan, yang mengusung semangat emansipasi ini bisa lebih dirasakan masyarakat Indonesia secara luas. Makanya kami akan bahu-membahu memenangkan Pak Ganjar. Kami satu komando dengan apa yang disampaikan Ibu Megawati untuk memenangkan Pak Ganjar," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement