Advertisement

Ganjar Bacapres, Warga Sukoharjo Cukur Gundul Massal

Media Digital
Jum'at, 21 April 2023 - 20:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ganjar Bacapres, Warga Sukoharjo Cukur Gundul Massal Puluhan warga Desa Kagokan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo melakukan aksi cukur gundul massal setelah Ketua Umum PDIP Megawati mengumumkan nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Bacapres) yang diusung partai berlambang banteng itu pada Pilpres 2024, Jumat siang (21/4/2023). - Ist

Advertisement

SUKOHARJO—Puluhan warga Desa Kagokan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo melakukan aksi cukur gundul massal setelah Ketua Umum PDIP Megawati mengumumkan nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Bacapres) yang diusung partai berlambang banteng itu pada Pilpres 2024, Jumat siang (21/4/2023).

Salah satu warga, Ipung, 38, rela memotong rambut gondrongnya. Di mengaku sudah memanjangkan rambutnya selama 3 tahun terakhir.

Advertisement

"Saya punya nazar kalau Pak Ganjar nyapres pengin cukur gundul. Karena ngefans," kata Ipung kepada awak media.

Dia menyukai Ganjar karena dianggap pemimpin yang jujur dan merakyat. Ipung berharap Ganjar bisa menang di Pemilu dan menjadi Presiden Republik Indonesia.

Warga lain Danu Prihantoro (28) menjelaskan acara yang dimulai dengan nonton bareng (nobar) pengumuman capres PDIP via steraming Youtube ini diikuti 100 warga Kagokan. Danu menyebut warga memilih cukur gundul karena memiliki makna tersendiri.

"Gundul itu memiliki makna bersih untuk mengawali, atau kembali lahir. Nanti akan tumbuh lagi, seperti harapan kami," ucap Danu.

Selain cukur gundul, mereka juga melakukan doa bersama bersama anak yatim dan piatu.

"Sesuai acara umbul donga, kita bersyukur karena Bu Mega memberikan mandat kepada Pak Ganjar. Kita mendoakan yang terbaik," ujarnya.

Danu menambahkan, Ganjar pernah mengunjungi Desa Kagokan sebelum pandemi COVID-19. Saat itu Ganjar berziarah di makam Gubernur Jateng ketiga, R Soekardji Mangoenkoesoemo.

Di lain pihak, Samsudin, yang memimpin kegiatan doa bersama mengungkapkan rasa syukur usai acara.

"Alhamdulillah, akhirnya momen yg kita tunggu datang juga. Bapak Ganjar Pranowo diusung menjadi calon presiden oleh PDIP," kata Samsudin.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi dirinya bersama rekan- rekan simpatisan Ganjar Pranowo bakal lebih berat. Terutama untuk mengenalkan sosok Ganjar kepada masyarakat yang lebih luas.

"Setelah ini tantangannya lebih berat, ini tugas kita untuk mengenalkan ke masyarakat luas tentang Pak Ganjar. Kinerjanya, ketegasannya dan kedekatannya dengan masyarakat," tambahnya.

Samsudin dan kawan-kawan memutuskan mendukung Ganjar Pranowo karena menurut mereka percaya Ganjar adalah sosok orang baik. Selain itu, komitmen tegas pria berambut putih itu melawan radikalisme membuatnya jadi orang yang tepat menjadi penerus Presiden Jokowi.

Selain itu, Megawati yang mengucap basmallah sebelum mengumumkan keputusan PDIP tersebut membuat Samsudin dan teman-temannya semakin mantab.

"Tadi kita lihat ibu Megawati memulai dengan ucapan Bismillah. Artinya ibu Megawati hendak berkata, aku memulai mendeklarasikan dengan menyebut nama Allah," imbuhnya.BC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement