Advertisement

Diary G2RT Goes to Egypt - Saudi Arabia: The Next Move!

Media Digital
Selasa, 18 April 2023 - 14:07 WIB
Jumali
Diary G2RT Goes to Egypt - Saudi Arabia: The Next Move! Kedatangan G2RT, Rika Fatimah P.L. M.Sc. Ph.D (Founder, Konseptor dan Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur) ke ITPC Jeddah diterima oleh Direktur Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Muhammad Rivai Abbas dan Wakil Direktur ITPC Jeddah, Muhammad Fadhel Jamali. - Ist

Advertisement

Global Gotong Royong (G2R) Tetrapeneur mengikuti Supermarket Expo 2023 yang berlangsung di Cairo International Convention Center, Mesir. Event ini berlangsung selama tujuh hari, dimulai sejak hari Rabu (15/3/2023) sampai dengan Selasa (21/03/2023) didampingi oleh Founder, Konseptor, dan Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D.G2R Tetrapreneur sangat bangga dengan partisipasinya dalam acara Supermarket Expo 2023 di Mesir.

G2R Tetrapreneur dapat memamerkan produk-produk yang beragam dan unik, serta yang menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Keikutsertaan produk-produk ikonik dari 15 Desa G2RT dari 4 Kabupaten DIY, dalam Supermarket Expo memikat ketertarikan banyak pihak, baik potensi mitra asing maupun mitra dari pengusaha Indonesia yang memiliki toko di Kairo. Dalam acara ini, kehadiran tamu penting, Bapak Duta Besar RI untuk Mesir Kairo, DR. (H.C.) Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan KBRI Kairo, Syahran Bhakti S., bersama dengan Tim KBRI Kairo Syamsu Alam dan R. Amir Syarifuddin, dan Ketua Dewan Perdagangan Indonesia dan Mesir, H Dede Muharam LC, M. TV National Mesir, Egyption Satellite Channel TV juga hadir untuk meliput dan mewawancarai kegiatan stand Indonesia di Supermarket Expo 2023.

Advertisement

Momen ekspose produk skala internasional ini kemudian dilanjutkan dengan beberapa kegiatan silaturahmi dagang untuk memperkenalkan produk ikonik dari desa G2RT kepada masyarakat global dan mempromosikan potensi ekonomi Indonesia, diantaranya silaturahim dagang di Arab Saudi (Mekkah - Madinah), Jeddah, dan terus berlanjut hingga kembali ke tanah air, Jakarta.

Rangkaian kegiatan G2RT dilanjutkan menuju Arab Saudi. Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D (Founder, Konseptor & Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur) bertemu dengan Zainurrofieq M.Hum, yang merupakan Pengurus IEBC (Indonesian Egypt Business Council) dan Ketua ASDIN PESANTREN (Asosiasi Dagang dan Inkubasi Bisnis Pesantren). Dalam pertemuan tersebut, lahir diskusi hangat mengenai rencana silaturahim kolaborasi ASDIN Pesantren dan IEBC dengan G2RT, sehingga kemanfaatan standarisasi G2RT menjadi salah satu ikhtiar ekonomi asli Indonesia!

Zainurrofieq M.Hum merupakan Kandidat Doktor UIN SGD BANDUNG, dengan penelitian "Korelasi Sufisgik dan Entrepreneurship", di Pondok Pesantren Tharekat Idrisiyyah Tasikmalaya. Silaturahim dengan keilmuan yang beliau sedang tempuh, memiliki futuristik ilmiah tentang umat dan ekonomi yang senada dengan visi dan misi G2RT. Dimana Visi G2RT adalah Pemimpin kebaruan ikonik kearifan lokal sebagai pusat rujukan gotong royong pada tatanan global untuk keberlanjutan dan ketangkasan masyarakat yang beradab. Sedangkan Misi G2RT yaitu memartabatkan manusia seutuhnya sebagai sumber intelektual yang takzim atas kekayaan alam dan budaya anugerah Sang pencipta Tuhan yang Maha Esa.

Kunjungan dilanjutkan menuju Kota Jeddah. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas respon hangat ITPC terhadap surat G2RT dalam rangka bertujuan memperluas pasar dan mengoptimalkan potensi ekonomi. Tepatnya pada tanggal 9 April 2022, G2RT melakukan kunjungan ke kantor ITPC Jeddah. Muhammad Rivai  Abbas selaku Direktur ITPC Jeddah dan  Muhammad Fadhel Jamali, Wakil Direktur ITPC Jeddah  menyambut langsung Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur, Rika Fatimah P.L. M.Sc. Ph.D .

Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi ekonomi yang ada di wilayah masing-masing. Dalam praktiknya, G2R Tetrapreneur telah berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta dan Universitas Gajah Mada untuk melaksanakan program pembinaan di desa DIY dan diluar DIY dengan produk olahan pertanian, peternakan, perikanan, dan kampung wisata. Produk-produk ikonik unggulan tersebut beraneka ragam, dimulai dari produk cemilan, minuman, sampai dengan produk kerajinan tangan.

ITPC memberikan dukungan untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia di wilayah Arab Saudi.  Dalam pertemuan tersebut, ITPC Jeddah memberikan beberapa masukan untuk pengembangan G2R Tetrapreneur, antara lain melalui strategi penguatan branding produk, penguatan kapasitas lembaga pengelola ekspor (BUMDes), serta penguatan pasar dalam negeri.

Pertemuan antara G2RT dan ITPC Jeddah menghadirkan beberapa inisiasi strategis. Pertama, dukungan ITPC untuk menguatkan branding G2RT sebagai single entity asli Indonesia, sehingga memudahkan pasar Saudi Arabia dan global mengenal dan mempercayai produk ikonik G2RT asli Indonesia. Kedua, melalui Diaspora RI untuk Saudi Arabia sebagai pembuka pengenalan pasar Saudi Arabia, baik berbasis permintaan pasar (demand market). Ketiga, inisiasi Produk Premium G2RT sebagai pencipta trend pasar (trend setter market) juga didiskusikan dalam kegiatan ITPC seperti fashion show atau event-event eksibisi lainnya.

Pertemuan tersebut ditutup dengan serah terima Katalog Produk & Profil Ikon G2RT oleh Founder, Konseptor dan Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur, Rika Fatimah P.L. M.Sc. Ph.D kepada Direktur ITPC Jeddah, Muhammad Rivai Abbas dan Wakil Direktur ITPC Jeddah, Muhammad Fadhel Jamali. Selain itu, sebagai wujud dukungan kepada pengusaha lokal, ITPC Jeddah juga menerima beberapa sample produk G2R untuk dipajang di ruang display ITPC Jeddah.  Melalui kunjungan ini, G2RT berharap tercipta peluang kerjasama yang saling menguntungkan antara ITPC Jeddah dan G2RT. Dukungan ITPC Jeddah dalam meningkatkan ekspor produk Indonesia di wilayah Arab Saudi akan membuka peluang bagi G2RT untuk mengeksplorasi pasar ini. Dengan inisiasi strategis yang telah disepakati, G2RT dapat memperkuat branding produk, meningkatkan permintaan pasar, serta menciptakan tren pasar baru melalui produk premium. Semua upaya ini diharapkan dapat memperkuat posisi produk ikonik G2RT dan siap bersaing di pasar global. Selain itu, produk ikonik G2RT dapat memenuhi tuntutan pasar dalam hal penyediaan harga yang kompetitif, supply produk yang berkelanjutan, dan jaminan kualitas produk.

Silaturahim Dagang G2RT Goes to Egypt yang baru saja dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan sebuah proof concept dari Tetra 4 atau Pasar Kebijakan yang dibangun dengan didukung oleh 'leadership will' dan kehadiran 'trust' pada ekonomi asli Indonesia. Model G2R Tetrapreneur hadir dalam kegiatan ini untuk memperkuat ekonomi asli Indonesia

Silaturahim  terus berlanjut hingga di Indonesia.  Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur, Rika Fatimah P.L. M.Sc. Ph.D mengadakan kegiatan silaturahim dengan   Irman Adi Purwanto Moefthi, SE, MSc (Atase Perdagangan KBRI Cairo, Periode Desember 2018 - Maret 2023).

Dengan Silaturahim tersebut, muncul beberapa diskusi, diantaranya : (1)  Dalam penugasan terbaru Pak Irman, di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional - Kementerian Perdagangan,  dibahas inisiasi Tetra 3 atau Pasar Kompetisi, yang akan membuka peluang baru bagi produk-produk G2RT. (2) Terkait dengan inisiasi ini, lahir rencana untuk menampilkan produk G2RT di Kementerian Perdagangan, Permanent Trade Display. Permanent Trade Display menjadi kesempatan yang baik bagi G2RT untuk memperkenalkan produk kepada pembeli asing yang berkunjung ke Indonesia (Sumber http://djpen.kemendag.go.id/). Pembeli asing ini dapat mengamati berbagai macam produk ekspor yang disajikan.

Staf  Kantor akan membantu pembeli dalam menghubungi produsen atau eksportir produk. Hal ini mempermudah  memperkenalkan produk secara lebih luas kepada dunia. (3) G2RT juga sedang mempersiapkan kelayakan untuk masuk ke Ina Export, sebuah pameran virtual produk indonesia di Internet untuk pembeli asing potensial atau importer dari berbagai negara. Keikutsertaan G2RT dalam Ina Export, diharapkan memperluas peluang rezeki produk-produk ikonik G2RT untuk semakin dikenal di dunia internasional.

 Kegiatan G2RT Goes to Egypt - Saudi Arabia melahirkan rasa optimisme G2RT semakin terbuka lebar karena G2RT merupakan kekuatan asli desa yang terdampak secara sistematis bergotong royong dari berbagai pihak, termasuk akademisi, pemerintah, dan industri. Adanya 'ruh dagang' baru yang mengedepankan karakter silaturahim dan berkah oleh pelaku dagang, membuat mekanisme G2RT semakin nyata dalam membumikan Ekonomi Pancasila. Dengan semangat ini, tidak mustahil untuk terwujud bagi Indonesia untuk menjadi salah satu Skema Ekonomi Global tidak mustahil untuk terwujud dengan Indonesia berada di league yg berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement