Advertisement

Jokowi Minta Tol Selesai Konstruksi Dicek Kembali Usai Lebaran, Bagaimana dengan Tol Jogja-Solo?

Abdul Hamied Razak
Senin, 10 April 2023 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Jokowi Minta Tol Selesai Konstruksi Dicek Kembali Usai Lebaran, Bagaimana dengan Tol Jogja-Solo? Presiden Jokowi saat memperlihatkan lokasi dibangunnya di pusat latihan atau training center di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (24/2/2023). - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Sejumlah tol yang konstruksinya selesai menjelang Lebaran akan dibuka saat masa mudik lebaran untuk mengurangi kemacetan. Usai masa mudik Lebaran, konstruksi baru dicek lagi untuk dioperaisonalkan secara lengkap.

Presiden Joko Widodo meminta sejumlah tol yang sudah selesai konstruksinya atau beroperasi fungsional dapat dicek kembali setelah Lebaran sebelum siap dioperasionalkan untuk pengendara.

Advertisement

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai mengunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah. "Tol-tol yang kosntruksinya sudah selesai ini menjelang Lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan, setelah nanti Lebaran baru dicek lagi siap untuk dioperaisonalkan secara lengkap," kata Presiden Jokowi seperti ditayangkan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

BACA JUGA: Penting untuk Pemudik! Ini Tarif Tol Jakarta, Semarang, Solo, Jogja hingga Jatim

Presiden menjelaskan sejumlah tol yang beroperasi secara fungsional dapat dimanfaatkan para pemudik dalam mengurai kemacetan. Salah satu tol yang beroperasi secara fungsional untuk musim mudik Lebaran, yakni Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Dalam kesempatan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

BACA JUGA: Mau Mudik? Ini Daftar Tarif Tol Jakarta-Surabaya

Sementara itu, Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023. Tol itu akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

"Jadi, kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB," kata Menhub.

Selain Tol Cisumdawu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan Tol Solo-Jogja seksi 1.1 juga akan dibuka secara fungsional sepanjang 6 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rute tersebut dapat melewati lima "traffic light" meskipun jalurnya pendek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement