Advertisement

Menteri Teten Akan Laporkan Penjual Baju Bekas Ke Bareskrim

Widya Islamiati
Sabtu, 01 April 2023 - 23:37 WIB
Sunartono
Menteri Teten Akan Laporkan Penjual Baju Bekas Ke Bareskrim Menkop UKM Teten Masduki di acara Refleksi 2022 dan Outlook 2023 di Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022). JIBI - Ni Luh Anggela.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki berencana melaporkan salah satu e-commerce ke Bareskrim Polri, jika teguran terkait penjualan ballpress atau karung berisi pakaian bekas tidak digubris.

E-commerce tersebut akan segera kena semprit Bareskrim jika tidak segera membredel toko-toko yang menjajakan ballpress atau karung berisi pakaian bekas di lapaknya. “Kami sudah tegur supaya mereka janji, kalau mereka bandel kami akan laporkan ke Bareskrim,” kata Teten dalam Konferensi Pers Update Kondisi Tekstil dan Sikap Asosiasi Terhadap Importasi Tekstil Ilegal, Jumat (31/3/2023).

Advertisement

Dia menyebutkan e-commerce tersebut layak untuk dijatuhi hukuman jika masih saja mengizinkan penjual di aplikasi tersebut untuk menjual barang ilegal yang mengganggu kelangsungan pasar dalam negeri.

BACA JUGA : Larang Baju Bekas, Pemerintah Harus Perhatikan Kebutuhan 

Beberapa hari yang lalu, Teten dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengizinkan pedagang eceran di tingkat pasar untuk berdagang pakaian bekas impor selama stok masih ada. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi pedagang ballpress.

“Kami hanya mentolerir bagi pedagang eceran, yang memang mereka hidupnya dari jualan pakaian bekas, tapi seperti yang besar di e-commerce itu gak ada toleransinya,” tambahnya.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengizinkan pedagang pakaian bekas impor untuk berjualan menghabiskan stok yang ada, lantaran kedepannya dipastikan sudah tidak akan ada lagi pasokan barang untuk dijajakan.  

Keputusan tersebut diambil saat Teten bersama dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berdialog dengan pedagang pakaian bekas Pasar Senen dipandu oleh anggota Komisi VI DPR RI Adian Napitupulu di lantai 4 Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat pada Kamis (30/3/2023).

BACA JUGA : Banjir Pakaian Bekas Impor, API: Jangan Jadi Tempat Sampah

"Bapak-bapak dan ibu-ibu yang berdagang, walaupun aturannya gak boleh, tapi saya dan Pak Teten izinkan boleh berdagang sampai stok habis," kata Zulkifli dalam pertemuan tersebut pada Kamis (30/3/2023). 

Pertemuan diakhiri dengan janji Zulkifli dan Teten yang akan mencarikan jalan keluar segera ketika pedagang mendapati kebuntuan dalam stok barang untuk dijajakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement