Advertisement

Daftar CEO Penerima Pesangon Terbesar di Dunia

Arlina Laras
Jum'at, 24 Maret 2023 - 13:27 WIB
Jumali
Daftar CEO Penerima Pesangon Terbesar di Dunia Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA—Bagi sebagian masyarakat, kehilangan pekerjaan merupakan sumber tekanan finansial yang serius.

Akan tetapi, lain halnya untuk sejumlah CEO perusahaan besar global hingga beberapa selebritas dunia. Menurut mereka, kehilangan pekerjaan justru menjadi kesempatan mereka untuk bisa mendapatkan bayaran miliaran rupiah secara instan.

Advertisement

BACA JUGA: Besaran Pesangon dan Pensiun Berdasarkan UU Cipta Kerja

Tak jarang, pemutusan hubungan kerja ini sering disebut sebagai berkah, lantaran uang tunai yang diberikan bisa menjadi cadangan dana yang besar untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup beberapa tahun ke depan.

Tentunya untuk menghitung besaran pesangon untuk karyawan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari jenis pesangon, lama masa kerja karyawan, besaran upah atau gaji karyawan, hingga peraturan perusahaan atau perundang-undangan yang berlaku

Berikut sejumlah nama yang memutuskan resign, pensiun, atau bahkan dipecat dan mendapat pesangon terbesar di dunia.

1. Jack Welch, Rp6,3 Triliun

Ketika Jack Welch pensiun sebagai CEO General Electric pada tahun 2001, dia mengumpulkan paket pesangon senilai sekitar US$417 juta atau setara dengan Rp6,3 triliun.

Melansir dari Forbes, General Electric mengklaim bahwa mereka tidak memberikan paket pesangon yang berlebihan kepada para eksekutifnya, tetapi pengajuan perceraian Welch tahun 2002 mengungkapkan dirinya masih menerima gaji dan fasilitas lain senilai lebih dari US$400 juta atau setara dengan Rp6,07 triliun dari perusahaan tersebut.

2. Lee Raymond, Rp6,07 Triliun

Lee Raymond adalah seorang pengusaha Amerika dan merupakan chief executive officer (CEO) dan ketua ExxonMobil dari tahun 1999 hingga 2005. Dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua perusahaan gas pada tahun 2006.

Menurut ABC News, Raymond menerima paket pensiun senilai US$400 juta atau setara dengan Rp6,07 triliun yang termasuk pensiun, opsi saham, kesepakatan konsultasi US$1 juta atau setara dengan Rp15,1 miliar, keamanan rumah selama dua tahun, keamanan pribadi, mobil dan pengemudi, serta penggunaan jet perusahaan untuk tujuan profesional.

3. William McGuire, Rp4,3 Triliun

William McGuire mengundurkan diri dari posisi CEO-nya di UnitedHealth pada tahun 2006. Melansir dari Forbes, dirinya mendapatkan paket senilai US$286 juta atau setara dengan Rp4,3 triliun untuk perawatan kesehatan yang eksklusif setelah 15 tahun menjabat.

4. Marissa Mayer, Rp3,5 Triliun

Setelah Verizon mengambil alih Yahoo! pada bulan Juni 2017, Marissa Mayer melepaskan posisi CEO-nya — dan keluar perusahaan dengan uang yang sangat banyak. CNN melaporkan, Mayer menerima uang pesangon sebesar US$23 juta atau setara dengan Rp349,3 miliar dan saham senilai lebih dari US$236 juta atau setara dengan Rp3,5 triliun.

5. Hank McKinnell, Rp3,03 Triliun

Hank McKinnell dipecat sebagai CEO Pfizer pada Juli 2005 dan dicopot dari jabatannya sebagai ketua pada Desember 2006. McKinnell kehilangan posisi teratasnya karena saham Pfizer terus turun di bawah pengawasannya.

Terlepas dari kerugian perusahaan, McKinnell menerima paket pesangon senilai US$200 juta atau setara dengan Rp3,03 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bidik Target Tinggi, PSS Naikan Anggaran Belanja Pemain Dua Kali Lipat Musim Ini

Sleman
| Minggu, 16 Juni 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement