Advertisement

Simak! Ini Perkiraan Harga Tiket Mudik 2023 Via Pesawat, Bus dan Kereta

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 Maret 2023 - 10:57 WIB
Sunartono
Simak! Ini Perkiraan Harga Tiket Mudik 2023 Via Pesawat, Bus dan Kereta Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022 - Bisnis/Szalma Fatimarahma.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik pada tahun 2022 melonjak pesat hingga 85 juta orang. Angka ini merupakan rekor yang paling tinggi dibandingkan selama periode mudik 10 tahun terakhir.

Ryan Kartawidjaja, VP of Commercial & Marketing Pegipegi mengatakan, di tahun 2023, diprediksi antusiasme masyarakat untuk mudik masih akan tetap tinggi seperti tahun 2022 lalu.

Advertisement

Pada 20 Februari 2023 lalu, Pegipegi melakukan survei  internal melalui media sosial, baik Instagram maupun Twitter yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana antusiasme masyarakat melakukan mudik di tahun 2023.

BACA JUGA : Ini Cara Beli Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2023

Hasilnya, tercatat hampir 70 persen responden yang mengikuti survei berencana melakukan mudik. Artinya, antusiasme masyarakat untuk mudik Lebaran pada tahun ini terbilang tinggi. Berdasarkan survei tersebut, juga diketahui bahwa budget yang mereka persiapkan saat mudik berkisar di antara Rp2–4 Juta. 

Responden pun turut memilih moda transportasi favorit untuk mudik. Sebanyak 34 persen responden berencana menggunakan transportasi pesawat, 22 persen responden memilih kereta api, 14 persen responden menggunakan bus dan travel, dan 30 persen responden lainnya memilih kendaraan pribadi.

Berdasarkan hasil survei, Pegipegi juga menemukan bahwa responden paling banyak melakukan persiapan pemesanan tiket mudik yaitu 1–2 bulan sebelum keberangkatan dan seminggu sebelum keberangkatan.

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa masyarakat Indonesia cenderung lebih matang dalam merencanakan perjalanan mudik, termasuk preferensi pembelian tiket mudik pulang-pergi (PP) yang banyak dipilih.

BACA JUGA : KAI: 250.687 Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Sudah Terjual

Informasi tambahan yang juga menarik untuk diketahui, ternyata, sebanyak 81 persen responden di tahun ini memilih mudik bersama keluarga.

Sementara sebanyak 19 persen responden tertarik mudik sendiri. Selain itu, rata-rata dari mereka ingin menghabiskan waktu selama satu minggu di kampung halaman.

Berikut prediksi harga Tiket Transportasi Umum Periode Mudik

Guna memberikan gambaran terkait harga tiket transportasi mudik bagi masyarakat Indonesia, Pegipegi menilik data internal untuk mengetahui bagaimana tren harga tiket transportasi seperti pesawat, kereta api, serta bus dan travel pada periode mudik dari tahun 2020, 2021, hingga 2022 lalu. 

1. Tiket Pesawat

Untuk pemesanan tiket pesawat, secara Year on Year (YoY) harga tiket tahun 2022 mengalami kenaikan sebesar 43 persen dibandingkan pada tahun 2021.

Jika dilihat lebih mengerucut pada periode mudik dibandingkan dengan periode normal selama tiga tahun terakhir, harga tiket pesawat naik sebesar 50 persen lebih mahal pada tahun 2020, 5 persen lebih mahal di tahun 2021, dan  40 persen lebih mahal pada tahun 2022.

Berdasarkan data tersebut, bisa disimpulkan bahwa harga tiket pesawat periode mudik dapat naik sekitar 50 persen lebih tinggi dari periode biasanya. 

Secara keseluruhan, rata-rata harga tiket pesawat mudik untuk rute-rute populer dari tahun ke tahun, yaitu sekitar Rp1 jutaan pada tahun 2020, Rp900 ribuan di tahun 2021, dan sekitar Rp1,3 jutaan pada tahun 2022. Pada tahun 2021, harga tiket pesawat mudik terlihat cenderung lebih murah dibandingkan tahun 2020 dan 2022.  

2. Tiket Bus dan Travel

Pada pemesanan transportasi bus dan travel, berdasarkan data internal Pegipegi, pada tahun 2022 terlihat adanya kenaikan harga sebesar 49 persen dibandingkan tahun 2021. Namun, jika dilihat dengan lebih spesifik perbandingan periode mudik dan periode normal, terlihat kenaikan harga tiket sekitar 57 persen di tahun 2022 lalu. Berikut contoh persentase kanaikan harga pada lima rute favorit tahun 2022 dibandingkan tahun 2021:

Bandung–Jakarta naik kurang dari satu persen, 
Jakarta–Bandung naik kurang dari satu persen,
Surabaya–Jakarta naik hampir 30 persen, 
Yogyakarta–Jakarta naik lebih dari 20 persen, 
Jakarta–Surabaya naik hingga lebih dari 51 persen. 

Harga rata-rata tiket bus dan travel pada periode mudik dari tahun ke tahun, yaitu Rp140 ribuan pada tahun 2020, Rp170 ribuan di tahun 2021, dan Rp250 ribuan pada tahun 2022. Berdasarkan data tersebut, terlihat adanya kenaikan harga rata-rata tiket mudik dibandingkan periode normal dari tahun ke tahun. Harga ini juga ditentukan berdasarkan jenis bus, fasilitas, serta rute perjalanan yang dituju.

3. Tiket Kereta Api

Sedangkan untuk kereta api, terlihat bahwa rata-rata harga tiket saat mudik adalah sekitar Rp190 ribu pada tahun 2021 dan Rp230 ribu pada tahun 2022. Dari data tersebut, terlihat juga bahwa adanya kenaikan harga tiket kereta mudik sekitar 20 persen lebih mahal di tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya. Harga rata-rata tiket kereta api pada periode mudik di lima rute favorit pada tahun 2022 di antaranya:

GMR (Gambir)–BD (Bandung) sekitar Rp150 ribuan,
BD (Bandung)–GMR (Gambir) sekitar Rp149 ribuan,
GMR (Gambir)–YK (Yogyakarta) sekitar Rp460 ribuan,
PSE (Pasar Senen)–LPN (Lempuyangan) sekitar Rp200 ribuan,
GMR (Gambir)–SMT (Semarang Tawang) sekitar Rp370 ribuan.

Dibandingkan periode normal, pada tahun 2022 harga tiket kereta mengalami kenaikan sekitar 12 persen lebih mahal selama periode mudik. Harga tiket kereta api juga ditentukan berdasarkan kelas kereta seperti Ekonomi, Ekonomi Premium, Bisnis, Eksekutif, Sleeper, hingga Panoramic, serta rute yang dituju.

BACA JUGA : Tiket Kereta Api Mudik ke Jogja Sudah Full hingga 30 April

“Melihat data internal kami, harga tiket transportasi baik pesawat, bus dan travel secara YoY maupun periode mudik tahun 2022 terlihat lebih tinggi dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan permintaan perjalanan yang semakin meningkat sehingga ikut memengaruhi harga tiket perjalanan tersebut. Kami memprediksi pada tahun 2023 ini, kisaran harga tiket mudik akan mencapai level harga yang sama seperti tahun 2022 lalu. Berdasarkan data internal kami juga, biasanya harga tiket mudik akan naik lebih tinggi ketimbang periode normal. Maka dari itu, kami menyarankan masyarakat untuk dapat mempersiapkan budget lebih atau sekitar 20-70 persen dari harga periode normal untuk keberangkatan di musim mudik nanti. Namun tentunya harga tiket juga tergantung pada jenis transportasi yang digunakan, rute, dan juga fasilitasnya”, ungkap Ryan.

Ryan juga menambahkan, bahwa Pegipegi akan terus memberikan kemudahan akses perjalanan masyarakat Indonesia, terutama untuk periode mudik dengan menghadirkan layanan yang mudah digunakan, inventori produk yang lengkap, layanan customer service yang selalu siap selama 24/7, dan juga harga tiket transportasi maupun akomodasi yang murah dan lengkap karena pesan transportasi dan akomodasi di Pegipegi, juara harga termurah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: Cegah Tengkes, Masyarakat Bisa Kembali ke Pangan Lokal

Gunungkidul
| Senin, 15 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement