Advertisement

Merapi Erupsi, Objek Wisata Kalitalang Klaten Ditutup

Taufiq Sidik Prakoso
Minggu, 12 Maret 2023 - 10:27 WIB
Jumali
Merapi Erupsi, Objek Wisata Kalitalang Klaten Ditutup Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Sabtu (11 - 3 / 2023). Dok Twitter @TRCBPBDDYI

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Objek wisata Kalitalang di wilayah lereng Gunung Merapi, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang untuk sementara ditutup dari pengunjung pariwisata. Sementara itu, erupsi Gunung Merapi kembali terjadi pada Minggu (12/3/2023) pagi.

BACA JUGA: Merapi Erupsi, Tiga Ojek Wisata di Lereng Gunung Ditutup

Advertisement

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPPTKG, awan panas guguran terjadi pada Minggu pukul 07.04 WIB dengan jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya atau Kali Bebeng.

Pukul 07.08 WIB, guguran awan panas kembali terjadi dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya atau Kali Bebeng. Pukul 07.56 WIB, awan panas guguran terjadi dengan jarak luncur 2.500 meter masih mengarah ke barat daya atau Kali Bebeng.

Secara visual, awan panas guguran tersebut terlihat dari wilayah Klaten. Gumpalan awan terlihat meluncur dari puncak Merapi.

Koordinator Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu, membenarkan kembali terjadi erupsi pada Minggu.

“Betul baru saja terjadi erupsi mengarah ke barat. Untuk Balerante aman. Nihil hujan abu,” kata Jainu saat dihubungi Solopos.com-Jaringan Harianjogja.com, Minggu.

Jainu mengatakan warga masih beraktivitas seperti biasa. Namun, mereka tetap meningkatkan kewaspadan dengan terus mengikuti perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

“Untuk sementara Kali Talang ditutup untuk pengunjung,” kata Jainu.

Sebagai informasi, Kali Talang merupakan salah satu lokasi yang menawarkan keindahan panorama puncak Gunung Merapi. Jika ditarik garis lurus, lokasi ekowisata itu berjarak sekitar 4 km dari puncak Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement