Advertisement

Bale Raos, Sembilan Belas Tahun Mengukir Karya

Media Digital
Rabu, 01 Februari 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Bale Raos, Sembilan Belas Tahun Mengukir Karya Bale Raos - Ist

Advertisement

23 Januari 2023 menandai 19 tahun perjalanan Bale Raos dalam melayani masyarakat. Atas prakarsa dari GKR Hemas dan Alm. KGPH Hadiwinoto, pada tahun 2004 Bale Raos resmi didirikan dalam rangka melestarikan budaya kuliner warisan para Sultan dan keluarga kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bale Raos yang pada awal pendiriannya menempati sebuah pendopo kecil di area Magangan Keraton Yogyakarta, kini menempati bangunan yang lebih luas di area yang sama serta telah dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas seperti area outdoor, galeri lukisan, meeting room dan juga Ballroom yang mampu menampung hingga kurang lebih 300 tamu. Selain itu Bale Raos juga tidak hanya melayani tamu-tamu yang berkunjung ke Bale Raos, namun juga kerap memberikan pelayanan di berbagai macam event publik dan pemerintah di dalam maupun luar kota.

Advertisement

Hingga kini Bale Raos masih terus menyajikan menu-menu yang diolah sesuai dengan resep-resep dapur keraton yang telah diwariskan secara turun temurun, selaras dengan misi Bale Raos untuk melestarikan budaya kuliner Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat agar bisa di nikmati oleh masyarakat umum dan mengangkat citra makanan tradisional di mata masyarakat Indonesia maupun dunia internasional.

Sebagai perwujudan rasa syukur atas 19 tahun perjalanan Bale Raos, pada hari Kamis 26 Januari 2023 diadakan jamuan makan malam yang bertempat di Ballroom Parang Barong. Acara ini antara lain dihadiri oleh GBRAy. Riyo Kusumo HB IX dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, pelukis kenamaan Sidik Martowidjojo, para rekanan serta kolega dari Bale Raos.

Pada kesempatan yang sama, Elrama Group yang merupakan holding company dari Bale Raos juga meluncurkan program keanggotan dengan nama “Lenggang Rasa” yang dilengkapi dengan berbagai benefit yang pada fase percobaan ini dapat dinikmati di beberapa merchant seperti Bale Raos, Daheim kaffee kollab kultur, Griya Dhahar RB, Guesthouse nDalem Langen Kusumo, Bale Raos Styles Jakarta serta layanan
makanan & bumbu siap saji deBogya.

Khusus untuk transaksi di Bale Raos, sebagian pendapatan dari setiap pembelanjaan yang menggunakan kartu tersebut akan dialokasikan untuk program beasiswa bagi siswa-siswi dari beberapa sekolah menengah kejuruan jurusan tata boga di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah menjalin hubungan kerja sama dengan Bale Raos.

Melalui peringatan 19 tahun ini seluruh tim Bale Raos mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak baik instansi maupun perorangan yang telah mendukung Bale Raos dari awal hingga saat ini sembari memohon doa restu, semoga Bale Raos dapat terus menumbuhkembangkan potensinya dalam menyajikan pelayanan yang terbaik, sehingga Bale Raos senantiasa relevan dengan zaman tanpa kehilangan jati dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement