Advertisement

Naik 300 Persen, Ini Harga Terbaru Hotel di Mekah dan Madinah

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 03 Januari 2023 - 09:27 WIB
Budi Cahyana
Naik 300 Persen, Ini Harga Terbaru Hotel di Mekah dan Madinah Ibadah umrah di Masjidil Haram - Instagram @haramain_info

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI) menyebut harga hotel di Mekah dan Madinah, Arab Saudi, melonjak hingga 300 persen di penghujung 2022 dan diprediksi akan berlanjut hingga akhir Januari 2023.

Sekjen AMPHURI Farid Aljawi mengatakan kondisi tersebut merupakan imbas dari meningkatnya antusias masyarakat muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci. Alhasil permintaan kamar hotel di sekitar kawasan tersebut meningkat drastis.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Meski demikian, Farid mengatakan belum ada biro perjalanan umrah yang menaikkan tarif paket. Saat ini, harga paket umrah reguler masih berkisar Rp30-35 juta per orang.

Berdasarkan situs booking online akomodasi, Traveloka, harga hotel di Makah berbintang 5 berada dikisaran harga Rp4 juta hingga Rp25 juta per malam.

Untuk harga termurah Rp4 juta, misalnya Makkah Hotel, tepatnya mulai dari Rp4.053.103 yang terletak di Ibrahim Al Khalil Street, Al Haram. Lokasinya dekat dengan Masjidil Al Haram dengan jarak 0,36 km dan Gua Hira dengan jarak 5,61 km.

Fasilitas yang ditawarkan mencakup kulkas, televisi, wifi, 2 kasur, sarapan, minuman sambutan dan lainnya. Sementara, fasiltas publik berupa kafe, laundry, penitipan bagasi, hingga dekat dengan pusat belanja, mini market, toko, dan spa.

Sementara itu, harga hotel Fairmont Makkah Clock Royal Tower yang berada tepat menghadap Mekah dibanderol harga mulai dari Rp7,1 juta hingga Rp25,6 juta. Fasilitas yang didapatkan hampir serupa dengan hotel sebelumnya.

Di sisi lain, untuk hotel berbintang 3-4 di area yang sama dibanderol dengan harga dikisaran Rp537.306 per malam hingga Rp3,3 juta per malam.

Masih pada situs yang sama, hotel berbintang 5 di wilayah Madinah dibanderol dengan kisaran harga Rp2,6 juta per malam hingga Rp29,4 juta per malam.

Adapun, untuk harga Rp2,6 juta misalnya hotel Millenium Madinah Airport yang terletak di Airport Road, Madinah. Seperti namanya, hotel ini terletak dekat dengan Bandar Udara International Prince Mohammad Bin Abdulaziz (MED).

Untuk harga Rp29 juta per malam yakni hotel Madinah Hilton berlokasi di Oppst Prophet Mosque, King Fahd Str, Madinah. Lokasinya dekat dengan bandar udara MED dan masjid Nabawi.

Sementara itu, di situs booking akomodasi lainnya seperti Tiket.com, hotel berbintang di Mekah berada dikisaran harga Rp1,9 juta per malam hingga Rp335 juta per malam.

Harga fantastis hingga ratusan juga ini merupakan tarif hotel Mira Suites Price Sultan Road Jeddah yang dekat dengan berbagai landmark di Mekah.

Bergeser ke Madinah, harga hotel di wilayah ini dibanderol harga mulai dari Rp1,2 hingga Rp6,6 juta per malam. Namun, sebagian besar hotel di kawasan ini mengalami okupansi kamar yang menipis hingga full booked.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemimpin Pesantren Waria Shinta Ratri Dimakamkan di Pemakaman Keluarga

Jogja
| Rabu, 01 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Orang Jogja Wajib Tahu! Ini Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement