Advertisement

Tips Waspadai Bahaya Listrik saat Banjir

Newswire
Senin, 02 Januari 2023 - 04:37 WIB
Jumali
Tips Waspadai Bahaya Listrik saat Banjir Banjir di Dusun Ngipik, Bumirejo, Lendah akibat luapan drainase Wonokasih-Kengkeng dari hujan deras sejak Rabu (4/3/2020) sore hingga Kamis (5/3/2020) pagi. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—PLN mengimbau masyarakat untuk lebih mewaspadai bahaya listrik di tengah kondisi cuaca buruk seperti terjadinya banjir.

BACA JUGA: Banjir di Semarang, Daerah Ini Masih Tergenang Air

Advertisement

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Semarang (UP3) Elpis Sinambela mengatakan ada beberapa tips keamanan kelistrikan yang bisa dilakukan masyarakat saat kondisi banjir.

Pertama, masyarakat atau pelanggan bisa segera mematikan instalasi listrik di dalam rumah. Selain itu juga segera mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, serta menaikkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

Jika aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, maka pelanggan bisa segera menghubungi contact center PLN 123 dan juga segera menghubungi instansi terkait penanggulangan bencana yaitu BPBD.

"Jika terdapat laporan terjadi banjir yang merendam gardu distribusi serta rumah warga, maka PLN akan segera melakukan pemadaman listrik untuk keamanan," kata Elpis.

PLN mengimbau masyarakat untuk sigap melaporkan ke Kantor PLN terdekat atau contact center 123 jika menghadapi kondisi pasang air banjir. PLN pun secara sigap terus memantau dan mengamankan kondisi kelistrikan di titik-titik bencana saat banjir terjadi.

"Sudah ada 43 gardu PLN yang dipadamkan untuk keamanan masyarakat di kawasan Semarang Utara dan PLN pun terus mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan lapor PLN jika air meninggi dan menyebabkan genangan di lingkungannya," katanya.

Terkait adanya korban sengatan listrik yang menimpa warga di Kecamatan Genuk, Semarang, telah ditangani oleh pihak berwenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement