Advertisement

Unik! Pensiunan Guru Datang ke Pura Mangkunegaran Berkostum Ledhek Gogik

Galih Aprilia Wibowo
Minggu, 11 Desember 2022 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Unik! Pensiunan Guru Datang ke Pura Mangkunegaran Berkostum Ledhek Gogik Pensiunan guru asal Yogyakarta, Budi Prasojo, 65, datang ke lokasi tasyakuran nikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo, dengan kustom ledhek gogik, Minggu (11/12/2022). - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Pensiunan guru asal Jogja, Budi Prasojo, 65, datang ke Pura Mangkunegaran, Solo yang menjadi lokasi tasyakuran nikahan Kaesang-Erina dengan cara unik, Minggu (11/12/2022) malam. Ia datang mengenakan kustom ledhek gogik.

Dia sengaja datang ke Solo untuk turun memeriahkan acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono. Budi berangkat dari Jogja naik bus pukul 10.00 WIB dan sampai di Solo pukul 12.00 WIB.

Advertisement

“Saya memakai kostum ledhek gogik, ledhek artinya penari, dan gogik adalah tiwul yang dikeringkan yang berfilosofi penari yang mencari sesuap tiwul atau makanan,” kata Budi kepada Solopos.com (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI) di sekitar Pura Mangkunegaran, Minggu malam.

Dia memakai kostum dengan manekin di bagian depan badannya. Manekin tersebut melambangkan si buta dan dia sebagai yang digendong atau si lumpuh. Penari ledhek gogik eksis pada 1960-an, mencari makan dengan cara menjadi pengamen keliling pasar atau kampung.

BACA JUGA: UU KUHP Tak Pengaruhi Kedatangan WNA untuk Wisata, Bisnis dan Investasi di Indonesia

Menurut Budi, saat ini kesenian ledhek gogik ini hampir punah. Memakai kostum seperti ini merupakan salah satu caranya untuk melestarikan budaya.

Dia yang juga dikenal dengan Ki Dalang Soponyono memang sering memakai kostum tersebut ketika ada event tertentu, seperti karnaval atau ulang tahun kabupaten/kota. “Sekarang pakai juga di pernikahan Kaesang-Erina, waktu mbakyu-nya dulu [Kahiyang] saya juga ke sini [Solo],” terang Budi.

Dia mengaku senang datang ke Solo karena sekalian bisa olahraga. Budi memang senang belajar kesenian, misalnya ketropak dan wayang. Dia berharap dengan memakai kostum ledhek gogik ini, masyarakat bisa mengenal dan ikut melestarikan budaya yang hampir punah.

Diketahui, setelah melangsungkan akad nikah di Jogja pada Sabtu (10/12/2022), pasangan pengantin baru, Kaesang dan Erina mengadakan acara ngunduh mantu di Loji Gandrung dilanjut tasyakuran di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement