Advertisement

Ganjar Ramaikan Pawai Budaya Kerajaan di Borobudur

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 10 Desember 2022 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ganjar Ramaikan Pawai Budaya Kerajaan di Borobudur Atraksi budaya dalam Festival Adat dan Budaya Nusantara di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (10/12/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ikut meramaikan agenda Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN) II di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Acara tersebut digelar pada 9 - 10 Desember 2022.

Berkumpul bersama 264 lebih kerajaan, lembaga adat, dan suku seluruh Nusantara dalam jaringan Masyarakat Adat Nusantara (Matra) di acara Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN) II, Pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (10/12/2022).

Advertisement

Digelar pada 9-10 Desember 2022, Ganjar hadir di hari kedua FABN II Jateng. Gubernur Jateng itu menyuguhkan pawai budaya kerajaan kepada masyarakat di depan Pelataran Borobudur.

Ada banyak kebudayaan yang ditampilkan, mulai dari bregodo kerajaan, tari Ndolalak hingga tari Soreng. Semuanya dibalut busana adat masing-masing.

Ganjar mengatakan pertunjukan itu adalah perhelatan budaya yang menarik dan dapat disaksikan seluruh masyarakat. Anak-anak hingga orang dewasa dapat menyaksikannya.

Baca juga: Kaesang dan Erina Akan Diarak Pakai Kereta Kencana, 12 Kereta Kuda Dipersiapkan

"Semua bisa melihat dan masing-masing bisa menunjukkan budayanya. Karnavalnya menarik, partisipasinya bagus, ini kalau dilakukan terus menerus rasa-rasanya ini akan menjadi acara baru yang menarik juga," katanya dalam rilis kepada Harian Jogja, Sabtu (10/12/2022).

Agenda itu membuat banyak raja, kesultanan, bisa hadir ke Borobudur bersama kelompok masyarakat adat yang kemudian menampilkan sesuatu dan bisa dilihat semuanya.

Ganjar mengaku terharu karena utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku dari berbagai daerah di Nusantara bisa ramai-ramai berkumpul di Jateng. Terlebih lagi, mereka bisa memperkenalkan adat dan budayanya masing-masing ke masyarakat.

Ganjar berharap para raja dan pimpinan suku beserta masyarakat adat dapat terus menjaga sekaligus mengembangkan seni budayanya masing-masing sehingga Indonesia semakin kaya akan budaya.

FABN pertama kali diadakan pada 17 Agustus 2022 dengan Raja Klungkung Bali sebagai tuan rumah penyelenggara. Dalam acara tersebut turut hadir 211 utusan kerajaan dari seluruh Nusantara yang tergabung dalam Matra dan belasan perwakilan kerajaan mancanegara.

Selanjutnya, Festival Adat Budaya Nusantara ke-III akan dilaksanakan di Sumatra Barat pada 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Khawatir YIA Terendam, Menteri Basuki Minta Proyek Pengendali Banjir Rampung di 2023

Jogja
| Sabtu, 28 Januari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gua Kebon, Hidden Gems Kulonprogo yang Asri

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement