Advertisement

Semeru Erupsi, Media Massa Jepang Sebut Bisa Picu Potensi Tsunami

Erta Darwati
Minggu, 04 Desember 2022 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Semeru Erupsi, Media Massa Jepang Sebut Bisa Picu Potensi Tsunami Erupsi Semeru, Minggu (4/12/2022). - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Minggu (4/12/2022) dengan luncuran awan panas sejauh tujuh kilometer. Parahnya, letusan ini disebut memicu potensi tsunami di Okinawa, Jepang.

Gunung Semeru meletus dan memuntahkan abu setinggi 1,5 kilometer ke udara. Pihak berwenang memperingatkan warga sekitar agar berupaya menjauh dari daerah letusan gunung.

Advertisement

Lembaga penyiaran di Jepang, NHK, melaporkan bahwa Badan Meteorologi Jepang sedang memantau kemungkinan tsunami di negaranya, dampak erupsi Semeru.

Melansir dari Japan Times, Badan Meteorologi Jepang memperingatkan tsunami dapat tiba di pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan Okinawa, pada Minggu (4/12/2022), setelah letusan gunung berapi di Indonesia.

BACA JUGA: Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Pesan Begini..

Namun, Badan Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) tidak segera menanggapi peringatan dari Badan Meteorologi Jepang tentang risiko tsunami itu. 

BNPB masih berfokus memperingatkan warga untuk tidak beraktivitas apapun dalam jarak 5-7 km dari pusat erupsi dan 500 meter dari tepi sungai karena risiko aliran lahar.

Sementara itu, menurut Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sumber awan panas guguran itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak kawah.

Melansir dari Twitter BNPB, sejauh ini sudah ada 93 warga yang mengungsi di Balai Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement