Advertisement

Punya Kekayaan Rp179 Miliar, Jenderal Andika Perkasa: Sebagian Besar Dari Istri Saya

JIBI
Selasa, 29 November 2022 - 02:07 WIB
Jumali
Punya Kekayaan Rp179 Miliar, Jenderal Andika Perkasa: Sebagian Besar Dari Istri Saya Jenderal Andika Perkasa. - Biro Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi jenderal paling kaya di lingkungan TNI.

BACA JUGA: Andika Perkasa Larang Tentara Jadi Pengamanan Proyek

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Harta kekayaan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu senilai R179 miliar, atau hampir tiga kali lipat harta kekayaan Presiden Joko Widodo yang senilai Rp63 miliar.

Harta Andika Perkasa itu dilaporkan ke KPK pada Juni 2021, saat dirinya menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Perincian harta Andika termuat dalam situs https://elhkpn.kpk.go.id/. Sebagai perbandingan, calon pengganti Andika Perkasa yang sesama jenderal bintang empat, Laksamana Yudo Margono melapor hanya memiliki harta Rp11,3 miliar.

Dari mana Andika Perkasa mendapatkan harta fantastis tersebut?

Pengakuan tentang asal muasal harta Andika Perkasa terkuak dari kanal Youtube metrotvnews, melalui acara KICK ANDY-Panglima Buka Suara, yang dirilis Senin (28/11/2022) dan dikutip Solopos.com-jaringan Harianjogja.com.

Saat diwawancarai wartawan senior Andy F. Noya, Andika Perkasa buka-bukaan soal harta kekayaan yang dimilikinya.

Menurut Andika Perkasa, harta senilai Rp179 miliar itu sebagian besar bukan miliknya melainkan milik sang istri, Diah Erwiany Trisnamurti Hendarti.

“Itu fakta (berharta Rp179 miliar). Yang jelas sebagian besar dari istri saya, karena saya bukan dari keluarga berada sekali, sebagian besar dari istri saya, mungkin secara kebetulan itu,” ujar Andika Perkasa.

Andika menjelaskan, harta istrinya tersebut merupakan pemberian dari ayahnya, Jenderal (Purn) AM Hendropriyono yang mantan Kepala BIN.

Sebagian besar harta pemberian Hendropriyono itu merupakan properti baik di dalam maupun di luar negeri.

“Banyak hibah, yang memberikan mertua saya. Jadi sejak saya nikah mertua memberikan rumah, tanah. Ya itu bukan pilihan saya untuk tidak mau, demikian pula saat saya belajar di luar negeri juga diberikan. Gimana njawabnya ya, ya semua itu diberitakan mertua saya,” aku Andika Perkasa.

Sebenarnya, lanjut mantan KSAD ini, ada pilihan bagi dirinya untuk tidak melaporkan apa adanya harta yang ia miliki kepada KPK.

Namun sebagai bentuk transparansi, ia memilih untuk melaporkan hartanya tersebut kepada komisi antirasuah.

“Itu pilihan apakah kita melapor apa adanya atau enggak? Saya memilih lapor apa adanya bahwa itu bukan dari yang saya dapatkan melainkan sebagian besar dari istri,” tutupnya.

Berdasarkan situs https://elhkpn.kpk.go.id/, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mempunyai kekayaan senilai Rp179,9 miliar.

Harta kekayaan yang berjumlah tiga kali lipat kekayaan Presiden Joko Widodo itu dilaporkan Andika Perkasa pada Juni 2021, saat dirinya menjabat Panglima TNI.

Dengan jumlah tersebut, Andika menjadi jenderal paling kaya di lingkungan TNI.

Tertuang dalam LHKPN miliknya, Andika Perkasa tercatat memiliki tanah dan bangunan senilai Rp38,1 miliar, yang terdiri atas 20 bidang tanah dan bangunan.

Aset Andika Perkasa itu tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Andika Perkasa juga melapor ke KPK memiliki lima properti di luar negeri, masing-masing satu unit di Australia, dan empat unit di Amerika Serikat.

Andika Perkasa memiliki mobil merek Landrover Sport 3.0 V 6 AT tahun 2014 dan Mercedes-Benz Sprinter 315 tahun 2018 senilai Rp2,6 miliar.

Tak hanya itu, Andika Perkasa juga memiliki kekayaan dari harta bergerak lainnya senilai Rp10,1 miliar, surat berharga Rp2,1 miliar.

Kekayaan terbesar Andika Perkasa berupa kas dan setara kas dengan besaran Rp126,9 miliar.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu tidak memiliki utang sama sekali.

Harta kekayaan Andika hampir tiga kali lipat harta Presiden Jokowi yang tercatat senilai Rp63,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Ingin Melancong Sendirian? Ini Daftar 15 Negara yang Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement