Advertisement

Jurnalis Asing Puji Media Center KTT G20 di Bali

Maria Elena
Kamis, 17 November 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jurnalis Asing Puji Media Center KTT G20 di Bali Jurnalis Asing Puji Media Center KTT G20 di Bali, yuk Intip Fasilitasnya. Presiden RI Joko Widodo membuka KTT G20 Bali yang disiarkan langsung di Media Center G20 di BICC, Nusa Dua, Bali pada Selasa (15/11 - 2022). Bisnis/Feni Freycinetia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bawah Presidensi Indonesia telah usai Rabu (16/11/2022). Ribuan wartawan, baik nasional maupun internasional, melakukan peliputan langsung agenda kelas dunia itu.

Mereka meliput penyelenggaraan KTT pada 15 dan 16 November 2022 di Media Center, yang terletak di Bali International Convention Center (BICC), Westin Hotel, Bali.

Advertisement

Tercatat, total jurnalis terakreditasi yang hadir sebanyak 2346 orang, per 14 November 2022 pukul 20.30 WITA. Jumlah tersebut terdiri dari 527 jurnalis nasional dan 1.819 jurnalis internasional, dengan total sebanyak 450 media, terdiri dari 105 media nasional dan 345 media internasional.  

Sejak 13 hingga 17 November 2022, media center telah aktif memberikan fasilitas, di antaranya jaringan internet, jadwal-jadwal pertemuan, rilis resmi, foto dan video yang bisa dipergunakan secara cuma-cuma. 

Baca juga: Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Bagaimana Kondisi Kampus di Jogja?

Sementara itu, bagi media televisi yang membutuhkan area luar ruang, dapat mempergunakan setiap pojok atau tempat kosong di sekitar media center. 

Fasilitas auditorium juga diberikan untuk kegiatan jumpa pers. Selain itu, panitia juga menyediakan makan siang dan makan malam, minuman dan makanan kecil dua kali sehari. 

Makanan disajikan prasmanan dengan menu Indonesia dan berbagai menu dari negara lain secara bergantian. Setiap hari menu yang disediakan berbeda dan banyak wartawan dari media asing mencicipi kuliner Indonesia. 

Untuk kemudahan transportasi, disediakan shuttle bus dengan jadwal rutin yang telah ditentukan. Bagi yang tidak menggunakan shuttle, dapat menggunakan ojek sepeda motor listrik secara gratis. 

“Kami senang dengan segala ketersediaan di media center ini. Saya terkesan dengan ruangan auditorium tempat digelarnya jumpa pers, bagus. Kami pun mudah mengakses pertemuan dengan para narasumber,” kata wartawan Turkish Radio and Television (TRT) World Hamdullah Hakan Hacaoglu, Rabu (17/11/2022).

Thien dari Vietnam News Agency mengatakan dirinya puas dengan jaringan internet sangat cepat sehingga memperlancar pengiriman berita setiap saat. Menurutnya, fasilitas yang disediakan panitia sangat baik dan mengapresiasi pelayanannya memuaskan. 

Adapun, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan dua ruangan media center, di Ruang Mangupura yang berada di lantai 1 dan ruang Nusantara 1 di lantai 2. 

Media Center memiliki fasilitas ruang kerja dengan 96 PC workstation plus 96 jaringan LAN dengan koneksi berkekuatan 1.5 Gbps. Kemudian, terdapat juga ruang-ruang rapat berkapasitas 48 orang yang bisa digunakan.

Penyediaan fasilitas ini agar awak media mendapatkan informasi akurat mengingat tidak semua jurnalis dapat menjangkau lokasi Apurva Kempinski tempat berlangsungnya pertemuan para pemimpin anggota G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement