Advertisement

Hubungan Jokowi dengan Surya Paloh Renggang?

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 15 November 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hubungan Jokowi dengan Surya Paloh Renggang? PDIP Bantah Isu Kerenggangan Jokowi dengan SurKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (keempat kiri) bersama Ketua Umum Parta Nasdem Surya Paloh (keempat kanan), Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kelima kiri), Plt Ketua Umum PPP Mardiono (ketiga kanan), Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kiri), Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi (kiri) dan Sekjen PAN Eddy Soeparno (kanan) memnghadiri acara puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah meyakini hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh baik-baik saja.

Said menjelaskan, hingga kini menteri dari Partai NasDem masih menjabat di kabinet pemerintahan Jokowi. Hal itu menjadi bukti bahwa tak ada keretakan hubungan antara RI1 dengan orang nomor wahid di NasDem.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Kalau mereka berdua [Jokowi dan Surya Paloh] renggang, seharusnya tidak ada menteri di dalam menteri kabinet Jokowi. Sedangkan saat ini ada tiga menteri di dalam kabinet,” ujar Said kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/11/2022).

Sebagai informasi, ada tiga kader Partai NasDem yang masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar; dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga: Anak Buah Menteri Johnny G. Plate Benarkan Menlu Rusia Lavrov Masuk RS

Said mengatakan, ketiga menteri dari NasDem tersebut juga tetap diajak Jokowi mengikuti rapat-rapat kabinet. Artinya, Jokowi tetap menjalin komunikasi dengan NasDem.

“Komunikasi terus berjalan dari ratas [rapat terbatas], rapat paripurna kabinet. Memang pernah ada menteri NasDem tidak diundang? Tidak pernah ada, karena tidak pernah ada masalah,” jelas ketua Badan Anggaran DPR tersebut.

Isu keretakan hubungan Jokowi dengan Surya Paloh mulai banyak dibicarakan setelah NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. Belakangan, isu tersebut semakin merebak setelah Jokowi tak mengirim ucapan selamat kepada Partai NasDem yang berulang tahun pada 11 November lalu.

Advertisement

Meski begitu, Said menekankan sebaiknya isu tersebut tak dibesar-besarkan. Dia menilai wajar jika Jokowi belum sempat mengucapkan selamat ke NasDem sebab saat ini sedang sibuk menyiapkan KTT G20 di Bali.

Apalagi, lanjutnya, nama baik Indonesia bergantung pada kelancaran acara G20. Oleh karenanha, Jokowi lebih mengutamakannya dibandingkan sebuah acara ulang tahun partai.

“Kira-kira kalau Bapak Presiden tidak mengucapkan selamat [ke NasDem], Indonesia bubar? Tapi kalau G20 ada masalah, yang malu siapa? Urusan internasional dilarikan ke urusan ecek-ecek,” ungkap Said kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement