Advertisement

Ini 6 Bahasa Paling Sulit Dipelajari di Dunia

Widya Islamiati
Selasa, 18 Oktober 2022 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Ini 6 Bahasa Paling Sulit Dipelajari di Dunia Ilustrasi tulisan Arab - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Di dunia ada sekitar 7.139 bahasa berdasarkan data dari laman Ethnologue pada tahun 2019.

Indonesia menduduki peringkat kedua negara atau etnis dengan bahasa terbanyak di dunia, yaitu sekitar 710 bahasa.  Dari 7.139 bahasa itu, ada tujuh bahasa tersulit berdasarkan laporan du laman elanguangedoctor.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Bahasa Arab

Siapa sangka, bahasa yang banyak dipelajari di sekolah-sekolah agama Islam di Indonesia ini ternyata menduduki peringkat pertama bahasa yang paling sulit di pelajari, di dunia.

Faktornya beragam, seperti memiliki abjad atau alfabet yang jauh dengan alfabet pada  umumnya, pola bicara dam bunyi bahasa Arab juga jauh dari bahasa Inggris. 

Selain itu, tanda vokal pada alfabet arab juga mempengaruhi arti kalimat, sehingga harus sesuai dengan naskah dan arah bacaan

2. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia, tetapi juga menyandang predikat nomor dua bahasa paling sulit di dunia. Mengapa?

Advertisement

Karena Bahasa Mandarin punyai nada, dan setiap suara dalam Sistem Mandarin mengandung pengucapan yang berbeda. Ini sangat kaya akan homofon, dan penuh dengan idiom dan aforisme. Selain itu, Bahasa Mandarin juga punyai alfabet tersendiri.

3. Bahasa Jepang

Sama seperti Bahasa Arab dan Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang juga punyai huruf alfabet tersendiri. Namun, bertambah sulit lagi karena memiliki tiga sistem penulisan independen yang dikenal sebagai Hiragana, Katakana, dan Kanji. 

Advertisement

Sistem penulisan ini memiliki ribuan abjad dan karakter, yang mungkin akan menambah kesulitan untuk mempelajarinya.

4. Bahasa Hungaria

Selanjutnya bahasa nomor empat paling sulit dipelajari di dunia adalah Bahasa Hungaria. Sama seperti Jepang, unsur budaya juga mempengaruhi bahasa Hungaria.

Selain itu, Bahasa Hungaria juga memiliki aturan tata bahasa Hongaria adalah yang paling sulit dipelajari dan memiliki 26 kasus berbeda.

Advertisement

5. Bahasa Korea

Bahasa Korea bahkan disebut sebagai bahasa teraneh dan terusik di dunia, karena tidak memiliki hubungan silsilah dengan bahasa lain. Lalu juga punyai alfabet dan tata bahasa yang kompleks.

Selain itu, bahasa ini juga memiliki urutan kata tertentu. Seperti, bahasa Korea menggambarkan subjek yang digambarkan terlebih dahulu, kemudian muncul objeknya, dan terakhir diakhiri dengan tindakan.

Advertisement

6. Bahasa Finlandia

Bahasa negara dengan kualitas pendidikan nomor 1 di dunia ini juga menduduki peringkat ke-6 bahasa paling sulit dipelajari di seluruh dunia.

Bahasa Finlandia terdengar mirip dengan bahasa Hungaria, karena pengucapan dan hurufnya yang terbilang mirip. Tetapi timgkat kesulitan mempelajari bahasa ini berada di urutan ke-2 setelah bahasa Hungaria, namun tata bahasa Finlandia tetap lebih sulit dari bahasa Inggris.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Sabtu 3 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement