Advertisement

Gantikan Anies Baswedan, Heru Budi Hartono Jadi PJ Gubernur DKI Jakarta

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 17 Oktober 2022 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gantikan Anies Baswedan, Heru Budi Hartono Jadi PJ Gubernur DKI Jakarta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kamis (7/4). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono resmi menjabat sebagai penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta pada hari ini, Senin (17/10/2022), untuk menggantikan Anies Baswedan yang telah mengakhiri jabatannya pada, Minggu (16/10/2022) kemarin.

Acara palantikan dilakukan di kantor Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri dan dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian. "Mengangkat Heru Budi Hartono sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta terhitung sejak masa pelantikan paling lama jabatan 1 tahun."

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pelantikan Heru berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Masa Jabatan Tahun 2017-2022 dan Pengangkatan Pj. Gubernur DKI Jakarta. Keppres tersebut ditetapkan tgl 14 Oktober 2022.

Dalam Keppres 100/P/2022, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria juga resmi diberhentikan secara hormat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pertanggal 16 Oktober 2022. 

Baca juga: Hotman Paris Ngaku Pernah Dibayar Rp150 Miliar untuk Tangani Satu Kasus

Tito menegaskan, Heru dipilih setelah melalui seleksi dan persidangan oleh presiden dan sejumlah menteri. Dia menasehati Heru, bahwa amanah yang telah diberikan kepadanya tak mudah, terutama soal resesi global.

"Selain hal-hal reguler, rutin, kita akan menghadapi tahun depan yaitu gelolak ekonomi, krisis pangan, energi, dan akan berimbas kepada kita semua, termasuk Jakarta," ujarnya.

Tak lupa, Tito juga mengucapkan terima kasih kepada Anies dan Riza untuk kontribusi mereka ke Jakarta.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Tito juga melantik Pj. Bupati Yapen Cyfrianus Y. Mambay dan Pj. Bupati Tolikara Marthen Kogoya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement