Advertisement

PEMILU 2024: Muhammadiyah Bantah Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

Surya Dua Artha Simanjuntak
Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
PEMILU 2024: Muhammadiyah Bantah Dukung Anies Baswedan Jadi Capres Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti - JIBI/umm.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti membantah kabar bahwa pihaknya mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Mu’ti menjelaskan, di media sosial beredar video yang seakan menyiratkan bahwa Muhammadiyah memberi dukungan kepada deklarasi Anies sebagai capres. Meski begitu, dia menegaskan bahwa video tersebut hanya propaganda politik.

Advertisement

Warga Muhammadiyah hendaknya bersikap cerdas dan tidak terpengaruh oleh video yang beredar luas melalui medsos bahwa Muhammadiyah memberikan dukungan atas pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. Video yang beredar merupakan disinformasi yang dimaksudkan sebagai propaganda politik,” cuit Mu’ti di akun Twitter-nya, @Abe_Muti, Rabu (5/10/2022).

Menurutnya, sebagai organisasi agama, Muhammadiyah tidak punya kekuasaan dan tak terlibat dalam praktik politik praktis. Apalagi, lanjutnya, dalam hal mendukung capres maupun calon wakil presiden (cawapres).

Mu’ti menegaskan, proses pemilihan presiden masih panjang. Dia pun meminta kepada setiap pemegang kepentingan untuk saling menjaga situasi agar masyarakat tak terpecah belah.

“Masyarakat, khususnya warga Persyarikatan, hendaknya tetap tenang dan menjaga situasi yang kondusif, kerukunan, dan persatuan,” ujarnya.

BACA JUGA: Keren! Mahasiswa Teknik Fisika UGM Ini Ciptakan Jam Tangan Pintar Pemantau Stres

Sebagai informasi, Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies menjadi calon presiden (capres) usungan partainya untuk Pilpres 2024 pada Senin (3/10/2022).

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membacakan sendiri deklarasi tersebut. Dia mengatakan telah beberapa lama memilih nama-nama bakal capres yang akan diusung NasDem.

Surya menegaskan, NasDem memilih setiap bakal capres dari setiap golongan, tanpa memandang identitas. Oleh sebab itu, menurutnya, capres yang diusung NasDem merupakan yang terbaik.

"Makanya yang ingin dicari Nasdem adalah yang terbaik daripada yang paling baik. Inilah makkanya Nasdem memilih sosok Anies Baswedan," ujar Surya di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement