Advertisement

Tepis Tudingan Kriminalisasi Anies, KPK Berencana Ungkap Penyelidikan Formula ke Publik

Setyo Aji Harjanto
Selasa, 04 Oktober 2022 - 12:57 WIB
Budi Cahyana
Tepis Tudingan Kriminalisasi Anies, KPK Berencana Ungkap Penyelidikan Formula ke Publik Anies Baswedan - JIBI/Bisnis.com/Pernita Hestin Untari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana membuka penyelidikan dugaan kasus Formula E ke publik.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan, hal itu dilakukan guna menepis kecurigaan publik ihwal dugaan kriminalisasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Advertisement

"Kami sedang mempertimbangkan juga ya bagaimana kalau proses lidik [penyelidikan] kita buka saja? kan gitu. Supaya masyarakat tahu apa sih hasil dari lidik itu yang sudah diperoleh KPK," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/10/2022) malam

Dia mengatakan akan mempertimbangkan untuk membuka keterangan dari para terperiksa di tahap penyelidikan kepada publik.  

"Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil, apa yang mereka terangkan. Supaya apa? Supaya masyarakat tidak lagi curiga seolah-olah kami ini mengkriminalisasi seseorang," kata Alex.

Alex juga mengklaim lembaga antikorupsi tak terpengaruh isu politik, seperti Anies Baswedan yang akan maju di Pilpres 2024 sebagai calon presiden Partai NasDem. 

"Ini [penyelidikan] masih kami lanjutkan dan kami tidak terpengaruh dengan deklarasi yang bersangkutan [Anies Baswedan] sebagai calon presiden oleh salah satu partai politik," imbuhnya. 

Adapun, mantan pimpinan KPK Bambang Widjojanto menduga ada upaya untuk mengkriminalisasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kasus Formula E. Dia menuding upaya itu dilakukan oleh sebagian pimpinan KPK

Diketahui, berdasarkan pemberitaan Tempo, Ketua KPK Firli Bahuri bersikeras untuk mencari bukti guna menetapkan Anies sebagai tersangka. 

Adapun, Partai Nasdem diketahui baru saja mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024. 

Deklarasi diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemudik Inilah Jalur Alternatif Masuk Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement