Advertisement

PKK Kabupaten Magelang Didorong Bersinergi dengan Ekowisata

Nina Atmasari
Kamis, 29 September 2022 - 07:17 WIB
Sirojul Khafid
PKK Kabupaten Magelang Didorong Bersinergi dengan Ekowisata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin berbicara dalam Pelatihan Pemandu Ekowisata di Grand Artos Hotel, Selasa (17/09/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin, berharap anggota PKK bisa bersinergi dengan pariwisata. Para kader PKK milenial bisa berperan menguatkan ekowisata supaya berkembang di era kekinian.

“Ibu-ibu PKK kaum milenial bisa menguatkan ekowisata supaya berkembang sesuai yang diharapkan. Terus menerus gali potensi Anda dan lingkungan dalam mengelola ekowisata sehingga PKK bisa memberikan dampak untuk lingkungan,” kata Christanti saat menjadi pembicara dalam Pelatihan Pemandu Ekowisata di Grand Artos Hotel, Magelang, Selasa (17/09/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Istri Bupati Magelang, Zaenal Arifin ini menjelaskan ekowisata merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, serta aspek pembelajaran dan pendidikan

PKK bisa bersinergi dengan pariwisata. PKK bisa mendukung pariwisata melalui empat pokja di PKK meliputi Pengelolaan program penghayatan dan pengamalan Pancasila serta gotong royong di Pokja I, Pengelolaan Program Pendidikan dan Keterampilan serta Pengembangan kehidupan berkoperasi di Pokja II, Pengelolaan program pangan, sandang, dan perumahan serta tata laksana rumah tangga di Pokja III, dan Pengelolaan program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat di Pokja IV.

BACA JUGA: Sekati Ing Mall Jadi Rangkaian HUT Kota Jogja, Melibatkan 80 Industri Kecil Menengah

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, mengatakan ekowisata dekat dengan program PKK baik di tingkat desa maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Karenanya, ia mendorong para kader PKK di semua tingkatan untuk mengoptimalkan, mensinergikan dan mengintegrasikan PKK dengan ekowisata.

“Dari pokja-pokja di PKK berkepentingan sekali dalam melayani wisatawan. Salah satunya sampah untuk kebersihan lingkungan. Ekowisata bertumpu pada lingkungan hidup. Kelestarian lingkungan akan menjaga pariwisata berkesinambungan atau sustainable tourism,” katanya.

Saat ini, lanjut Achmad Husein, Dinparpora terus mengembangkan ekowisata. PKK diharapkan bisa mengembangkan seluruh potensi di desa. Produk-produk PKK nantinya bisa menjadi andalan ekowisata. Pihaknya akan berupaya menggelar lebih banyak kegiatan di bidang ekowisata yang fun dan berbudaya.

Advertisement

Direktur Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass Magelang, Mul Budi Santoso, mengatakan Ketep Pass sedang membangun 10 kios yang akan disediakan untuk produk UMKM Kabupaten Magelang. Kios ini bertujuan mewujudkan salah satu dari tujuh sapta pesona wisata, yaitu kenangan.

BACA JUGA: Mengenal Aktivitas Tobong Gamping, Ikon Baru di Gunungkidul

“Nanti akan ada yang ditujukan untuk Dekranasda dan PKK misalnya produk bank sampah. Kami upayakan DTW [daya tarik wisata] milik pemerintah agar menyediakan etalase produk UMKM dan produk kreatif sekitar DTW. Produk seperti ini bisa menambah daya tarik di objek wisata,” jelas pria yang akrab disapa Bodrek ini.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Kecuali Bantul, Siang Ini Semua Wilayah Hujan

Jogja
| Senin, 05 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement