Advertisement

Jemaah Umrah Bisa Atur Perjalanan dengan "Nusuk". Apa Itu?

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 28 September 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jemaah Umrah Bisa Atur Perjalanan dengan Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antararn

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan platform baru. Dengan aplikasi ini para peziarah dapat merencanakan dan memesan kunjungan mereka ke kota-kota suci di Mekah dan Madinah.

Platform yang diberi nama Nusuk itu, memungkinkan jemaah dari seluruh dunia mengatur seluruh kunjungan mereka ke Arab Saudi, mulai dari mengajukan eVisa hingga memesan hotel dan penerbangan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Platform ini menyediakan berbagai layanan dan informasi bagi peziarah dan pengunjung yang memungkinkan mereka untuk melakukan ritual umrah dengan mudah. Ini adalah bagian dari tujuan Visi 2030 Kerajaan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dan memperkaya pengalaman keagamaan dan budaya para peziarah.

Nusuk diluncurkan bekerja sama dengan Otoritas Pariwisata Saudi, dan terkait dengan layanan yang disediakan oleh situs web pariwisata resmi Kerajaan “Visit Saudi Arabia” dengan tujuan memperkaya pengalaman peziarah dan memfasilitasi prosedur reservasi dan komunikasi untuk menyediakan berbagai paket dan program.

Baca juga: Ini Daftar 10 Brand Lokal Asli Indonesia yang Sukses Mendunia

Mereka yang ingin melakukan Umrah akan dapat menggunakan Nusuk untuk mendapatkan visa dan izin yang diperlukan serta memesan paket dan program secara elektronik.

Berbagai layanan lain akan ditambahkan ke platform pada tahap selanjutnya dan ini seperti peta interaktif, kalender untuk penawaran dan kegiatan, panduan instruksi digital dalam beberapa bahasa, serta informasi dan layanan kesehatan.

Sedangkan platform Maqam yang ada saat ini akan terus beroperasi hingga semua layanan dialihkan ke Nusuk pada tahap selanjutnya.

Advertisement

Menteri Haji dan Umrah Dr Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah menjelaskan bahwa platform Nusuk merupakan perpanjangan dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada jamaah dengan menggunakan teknologi terkini.

Ia menambahkan, platform tersebut merupakan hasil kerja sama beberapa instansi pemerintah untuk memfasilitasi prosedur haji dengan tujuan memperkaya perjalanan spiritual mereka.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

GKR Hemas Minta Tempat Relokasi Korban Longsor Gunungkidul Segera Ditentukan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement