Advertisement

Penting Diperhatikan, Ini Tips Pengelolaan Keuangan agar Milenial Bisa Beli Rumah di Usia Muda

Afiffah Rahmah Nurdifa
Minggu, 18 September 2022 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
Penting Diperhatikan, Ini Tips Pengelolaan Keuangan agar Milenial Bisa Beli Rumah di Usia Muda Ilustrasi perumahan - Antara/Muhammad Hamzah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sejumlah pengembang menilai milenial sulit membeli properti hunian karena tak cermat membuat perencanaan dan mengelola keuangan.

General Manager Marketing Kota Podomoro Tenjo Yoga Gunawan mengatakan tak sedikit dari kalangan tersebut masih sulit memilih properti sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Untuk itu, dia memberikan sejumlah tips jitu untuk mengatur keuangan agar milenial lebih mudah membeli properti terbaik.

"Hal ini akan membantu Anda untuk berkomitmen dalam menabung, bahkan mendorong Anda untuk mencari peluang demi menambah pemasukan di luar dari pendapatan utama," kata Yoga dalam siaran Podcast "Gercep Milenial Punya Rumah" di Youtube Kota Podomoro Tenjo, dikutip pada Minggu, (18/9/2022).

Yoga menuturkan kesulitan milenial untuk membeli properti hunian sendiri umumnya yaitu sulit mengumpulkan tabungan untuk memenuhi Down Payment (DP) dalam pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebagian lainnya juga masih kurang percaya diri saat menentukan aset properti yang layak untuk dibeli.

Untuk itu, podcast yang juga dihadiri oleh Financial Planner Aliyah Natasya memberikan solusi penting untuk perencanaan keuangan bagi milenial dalam mempersiapkan pembelian properti.

Tips Beli Properti Hunian bagi Milenial

1. Persiapkan dan Sesuaikan Bujet Modal

Langkah pertama yaitu dengan melakukan riset untuk mendapat perkiraan bujet yang diperlukan untuk  membeli rumah. Dengan begitu, target untuk menyisihkan pendapatan sebagai tabungan khusus untuk membeli rumah lebih jelas.

Hal ini akan membantu untuk berkomitmen dalam menabung, bahkan mendorong untuk mencari peluang demi menambah pemasukan di luar dari pendapatan utama.

2. Tentukan kebutuhan dan value aset properti

Hunian yang dipilih harus memberikan proyeksi kehidupan yang dapat dirasakan dan dinikmati selama 10—20 tahun ke depan. Oleh karena itu, pilihlah hunian yang menunjang aksesibilitas dan fasilitas yang lengkap. Ingat, properti tidak hanya sebagai hunian tetapi juga bagian dari investasi jangka panjang yang harus diperhatikan.

3. Konsitensi Tekad dalam Meraih Tujuan

Salah satu tantangan yang dialami milenial sehingga mereka tidak dapat membeli rumah adalah terjebak dalam lingkaran 'sandwich generation'. Sandwich generation adalah sebutan bagi individu yang harus menanggung kebutuhan ekonomi keluarga dalam waktu bersamaan.

Advertisement

Untuk menghadapi tantangan ini memang dibutuhkan semangat dan tekad yang kuat untuk membeli rumah. Justru dengan berani membeli rumah di saat sekarang adalah salah satu kunci untuk menghentikan 'sandwich generation' karena aset properti termasuk investasi jangka panjang yang dapat dinikmati bersama keluarga

4. Pilih produk dari pengembang terpercaya

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memilih pengembang tepercaya dengan produk properti yang berkualitas. Adapun, kriteria produk properti yang baik adalah yang memenuhi standar yakni mudah dan terjangkau aksesibilitasnya, didukung oleh teknologi, dan menunjang kesehatan, dan yang paling penting sesuai dengan bujet.

Tak sampai disana, Yoga juga memperkenalkan sejumlah produk di Kota Podomoro Tenjo yang bisa menjadi referensi bagi calon konsumen. Pasalnya, Kota Podomoro Tenjo menawarkan hunian berkualitas premium dengan aksesibilitas yang baik.

Advertisement

Salah satunya yaitu pembangunan fasilitas Grand Transit Oriented Development (TOD) yang menghubungkan stasiun Tigaraksa dan Tenjo untuk mengakses Commuter Line menuju Jakarta. Kawasannya juga dilengkapi dengan ruang terbuka hijau dengan fasilitas Green Belt.

Adapun hunian rumah tapak di Kota Podomoro Tenjo masih berada di kisaran mulai dari Rp200 juta-an dengan cicilan mulai dari Rp1,7juta per bulan.

Sementara itu, Pengembang Anwa Residence Hocky Anwa Lestari menyatakan apartemen merupakan pilihan hunian idaman bagi para milenial.

Sebab apartemen memiliki lokasi strategis dibandingkan dengan rumah tapak. Tidak hanya memiliki lokasi yang strategis, apartemen juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Advertisement

Tak heran banyak para milenial lebih nyaman tinggal di apartemen.

“Berdasarkan hasil survei BPS (Badan Pusat Statistik) mengatakan bahwa generasi milenial lebih memilih apartemen dibandingkan dengan rumah tapak, sebab generasi tersebut lebih merasa nyaman, aman dan juga adanya jalur transit oriented development (OTD) yang terintegrasi dengan baik,” ucap Kelly Maria Emmanuella Andwa selaku Direktur PT. Hocky Anwa Lestari

Untuk itu, katanya, mereka menawarkan apartemen Anwa Residence Apartemen at Bintaro, yang memiliki akses dekat dengan Stasiun Jurang Mangu, menuju Mall Bintaro XChange.

Advertisement

Untuk menarik minat, mereka juga menawarkan promo mulai dari Subsidi DP + Akad, Free Furnished, hingga Promo Diskon hingga puluhan juta rupiah.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dies Natalis Sanata Dharma ke-67, Dorong Semangat Persaudaraan

Sleman
| Senin, 03 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement