Advertisement

Awas Penipuan! Ini Link Palsu Bansos PKH ke-3 yang Beredar

Anshary Madya Sukma
Selasa, 13 September 2022 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Awas Penipuan! Ini Link Palsu Bansos PKH ke-3 yang Beredar Warga menunjukan kartu peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Gunung Sari, Citeureup, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Beredar pesan disinformasi mengenai saluran dana bantuan sosial atau bansos untuk Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ke-3 akan cair pada periode September sampai Oktober.

Pesan tersebut beredar melalui grup aplikasi berbagi pesan, WhatsApp dengan seruan agar segera mendaftarkan diri sebelum waktu yang ditentukan melalui link "https://pkh32.b-cdn.net/?v=cekbansos" dan melakukan pengisian data NIK.

Advertisement

Kemudian, tak berlangsung lama Kementerian Sosial sebagai lembaga terkait langsung membantah kabar tersebut melalui instastory Instagram resmi @kemensosri pada Selasa (13/9/2022).

Kemensos menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah membuat situs untuk bantuan sosial manapun, karena penerimaan bansos PKH sudah terdata dalam Aplikasi Cek Bansos dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

BACA JUGA: Sempat Tertunda karena Foto Calon Lurah, BLT untuk Warga Gilangharjo Cair Pekan Ini

Adapun, Kemensos menghimbau kepada masyarakat agar selalu memastikan sumber informasi bansos berdasarkan pada sumber yang terpercaya. 

"Masyarakat diharapkan agar berhati-hati dan dihimbau agar selalu mengecek ulang kebenaran sebuah informasi sebelum menyebarkannya," tulis Kemensos dalam unggahan instastory. 

Tambahan, Kemensos juga menyebut untuk infomasi bansos serta informasi lainnya dapat dicek melalui website official Kemensos dengan situs kemensos.go.id dan akun resmi media sosial Kemensos yang sudah terverifikasi.

Sebagai informasi, disinformasi mengenai bansos PKH ini pernah terjadi juga di tahap ke-2 pada Selasa (21/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement