Advertisement

Raja Charles III Berjanji Menegakkan Demokrasi di Parlemen Inggris

Aprianto Cahyo Nugroho
Senin, 12 September 2022 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Raja Charles III Berjanji Menegakkan Demokrasi di Parlemen Inggris Dewan Aksesi pada hari ini, Sabtu (10/9/2022), menjadi saksi penobatan Charles III sebagai Raja Inggris Raya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Raja Charles III bersumpah untuk menegakkan demokrasi di parlemen Inggris dan melanjutkan tugas tanpa pamrih mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II.

Dilansir Bloomberg pada Senin (12/9/2022), hal tersebut diungkapkan dalam pidato utama di Westminster Hall saat menerima pesan belasungkawa dari Ketua House of Commons dan House of Lords.

Dalam pidatonya, ia menekankan dengan jelas bahwa dirinya tidak akan terlibat lebih jauh dalam urusan parlemen. Charles memuji tradisi Parlemen penting yang bekerja untuk Inggris.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ini adalah kedua kalinya dalam beberapa hari terakhir Charles menekankan pentingnya independensi Parlemen dari campur tangan luar, sebagai sinyal bahwa sebagai Raja dia akan menahan diri untuk tidak melakukan intervensi seperti yang pernah ia lakukan sebelumnya.

Charles tercatat pernah mengirimkan surat kontroversial saat masih menjadi pangeran pewaris tahta. Dalam surat-surat yang disebut "laba-laba hitam" tersebut, ia menuliskan kepada pemerintah mengenai berbagai isu mulai dari lingkungan hingga Perang Irak.

"Almarhum Yang Mulia berjanji pada dirinya sendiri untuk melayani negaranya dan rakyatnya dan untuk mempertahankan prinsip-prinsip berharga dari pemerintahan konstitusional yang terletak di jantung bangsa kita. Dia memberikan contoh tugas tanpa pamrih dan saya bertekad untuk mengikutinya dengan setia,” ungkap Charles.

Selama upacara, Raja duduk hanya beberapa meter dari tempat Raja Charles I diadili dan dihukum pada tahun 1649 setelah perang saudara dengan anggota parlemen.

Sejarah Unik

Ketua House of Commons Lindsay Hoyle juga mengingatkan raja baru tentang keunggulan Parlemen dan perannya sebagai raja konstitusional.

Advertisement

“Kami tahu Anda memegang rasa hormat terbesar, tradisi berharga, kebebasan, dan tanggung jawab sejarah unik dan sistem pemerintahan parlementer kami,” kata Lindsay.

Charles terbang ke Skotlandia pada hari Senin untuk memimpin prosesi membawa peti mati Ratu Elizabeth mengelilingi Inggris. Dia akan mengadakan audiensi dengan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon, sebelum menghadiri acara bersama anggota Keluarga Kerajaan lainnya dan politisi senior termasuk perdana menteri Liz Truss.

Pada hari Selasa, peti mati Ratu akan diterbangkan dengan pesawat Royal Air Force dari Edinburgh ke London. Pada Rabu sore, kerumunan besar akan menyaksikan prosesi melalui ibu kota saat dia dibawa dari Istana Buckingham ke Istana Westminster. Area tontonan upacara akan diatur di sepanjang rute untuk diamati publik, dan acara tersebut akan disiarkan di layar di Hyde Park.

Advertisement

Ratu kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall selama lima hari mulai pukul 17.00 pada Rabu (14/9) hingga Senin (19/9) pukul 6.30 pagi, tepat pada hari pemakamannya. Masyarakat dapat melihat Ratu secara langsung selama 24 jam sehari, dan diperkirakan akan ada antrian panjang dan menunggu 11 jam atau lebih.

Peti matinya yang tertutup akan diletakkan di atas platform yang ditinggikan dan akan dibungkus dengan Royal Standard dengan Orb dan Tongkat Kerajaan ditempatkan di atasnya, kata pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan.

Pangeran Harry juga merilis penghormatan kepada mendiang Ratu pada hari Senin. Ia menggambarkannya sebagai kompas pemandu bagi banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

134 Orang Meninggal Dunia di Bantul Sepanjang Tahun Ini karena Kecelakaan Lalu Lintas

Bantul
| Rabu, 05 Oktober 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement