Advertisement

Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Sudah Mencapai 40 Persen

Newswire
Senin, 12 September 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Sudah Mencapai 40 Persen Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--PT Adhi Karya (Persero) Tbk menyebutkan progres pembangunan Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 1.1 telah mencapai sekitar 40 persen.

"Untuk Tol Yogya-Solo, kami mendapatkan kontrak di paket Seksi 1.1. Progres saat ini sudah terealisasi sekitar 40 persen," ujar Direktur Operasi I Adhi Karya A Suko Widigdo dalam public expose secara daring di Jakarta, Senin (12/9/2022).

Advertisement

Dia optimistis pihaknya dapat merampungkan pembangunan jalan tol seksi tersebut pada Desember 2023.

Dalam proyek tol ini, Adhi Karya mengerjakan dua paket pembangunan untuk Paket 1.1 Ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km dan Paket 2.2 Ruas Monjali-Gamping sepanjang 14 km.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo mencapai sepanjang 96,57 km yang terbagi dalam tiga seksi.

BACA JUGA: Warga di Sleman Turun ke Jalan Tolak Keberadaan LDII

Seksi 1 meliputi Solo-Purwomartani dengan panjang 49,25 kilometer, Seksi 2 sepanjang 38,13 kilometer untuk ruas Simpang susun (SS) Purwomartani-JC (Junction) Sleman, dan Seksi 3 sepanjang 8,75 kilometer untuk JC Sleman-Purworejo.

Jalan tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta ini diharapkan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat karena tersambung dengan Jalan Tol Trans-Jawa ruas Semarang-Solo.

Selain itu, juga meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata seperti Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi serta meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement