Advertisement

Peti Mati Ratu Elizabeth II Sudah Tiba di Edinburg

John Andhi Oktaveri
Senin, 12 September 2022 - 12:07 WIB
Sirojul Khafid
Peti Mati Ratu Elizabeth II Sudah Tiba di Edinburg Raja Charles III dan Permaisuri Camilla tiba di Istana Buckingham. Dia menerima sambutan hangat dari anggota masyarakat yang memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II yang meninggal pada Kamis (8/9/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @buckinghampalaceroyal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Setelah meninggalkan Balmoral pada pukul 10.00 pagi waktu setempat kemarin, rombongan pemakaman yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II tiba di kediaman resminya di Edinburgh, Holyroodhouse dalam satu perjalan yang cukup panjang.

Dalam perjalanan enam jam melalui Aberdeen, Dundee, dan Perth, mobil jenazah itu ditemani oleh para putri mendiang Ratu. Suami Putri Anne, Tim Laurence, juga menemani mereka. Jenazah Ratu sekarang disemayamkan di Holyroodhouse hingga malam hari. Dengan demikian, para anggota keluarga kerajaan dapat memberikan penghormatan secara pribadi.

Pada hari ini waktu setempat mendiang Ratu akan dipindahkan ke Katedral St Giles, masyarakat Skotlandia akan memberikan penghormatan seperti dikutip TheGuardian.com, Senin (12/9/2022).

Peti mati mendiang Ratu tiba di Edinburgh setelah perjalanan dari rumah musim panasnya di dataran tinggi Skotlandia setelah melewati puluhan ribu pelayat yang berbaris di sepanjang rute. Mereka di antaranya dalam keheningan dan yang lainnya menangis.

BACA JUGA: Bjorka Ungkap Dalang Pembunuh Munir: Seorang Ketua Umum Partai

Pada akhir perjalanannya yang lambat melalui pedesaan Skotlandia yang indah, desa-desa, kota-kota kecil, tentara yang mengenakan rok membawa peti mati ke ruang tahta Istana Holyroodhouse, kediaman resmi Elizabeth di Skotlandia.

Dalam penghormatan emosional kepada ibunya pada hari Jumat (9/9/2022), putra sulung ratu dan raja baru, Raja Charles III mengatakan bahwa sang ratu telah memulai "perjalanan besar terakhir" untuk bergabung dengan Pangeran Philip, suaminya selama 73 tahun yang meninggal tahun lalu.

Sebelumnya, mobil jenazah yang membawa peti mati kayu muncul dari gerbang Kastil Balmoral, tempat dia meninggal pada hari Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun sebagai awal perjalanan ke Ibu Kota Skotlandia.

Peti matinya dibungkus dengan Royal Standard of Scotland dengan karangan bunga di atasnya yang terbuat dari bunga yang diambil dari perkebunan Balmoral termasuk kacang manis, salah satu favorit Elizabeth.

Putri Anne terlihat diapit oleh putra ratu yang lebih muda, Pangeran Andrew dan Edward, membungkuk saat peti mati dibawa ke dalam oleh tentara dari Resimen Kerajaan Skotlandia.

Advertisement

BACA JUGA: Harga BBM Naik, Harga Komoditas Pangan Ini Malah Turun

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Donor & Update Stok Darah di DIY Hari Ini

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement