Advertisement

Ganjar Beri Hadiah Ketipung Bikinan Warga Sukoharjo untuk Farel Prayoga

Media Digital
Kamis, 01 September 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ganjar Beri Hadiah Ketipung Bikinan Warga Sukoharjo untuk Farel Prayoga Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi mendapat hadiah satu set gendang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. - ist

Advertisement

SUKOHARJO - Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi mendapat hadiah satu set gendang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gendang tersebut dipesan langsung dari perajin di Kabupaten Sukoharjo.

Gendang atau akrab disebut ketipung itu merupakan alat musik wajib untuk genre dangdut. Ganjar memesannya pada perajin Noles Ai yang work shop-nya ada di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Advertisement

Danil Lestari, owner Noles Ai mengatakan, pengrajin gendang pesanan orang nomor satu di Jawa Tengah itu dikerjakan kurang dari 24 jam.

"Dapat pesanan dari Pak Ganjar dadakan, dan harus jadi secepatnya, jadi kita ngebut ngerjainnya tapi tetap dengan presisi agar bunyinya bagus," kata nya saat ditemui di tempat workshopnya, kemarin.

Pesanan itu, lanjutnya, mulanya datang lewat telpon. Kemudian ada staf yang datang ke tempatnya untuk menyampaikan detil pesanan. Dan, dirinya diminta menyelesaikan pesanan satu set dalam waktu semalam.

"Jadi ada yang datang ke sini katanya minta pesanan tidak tahu buat siapa tapi dari Pak Ganjar mau dihadiahkan ke Mas Farel atau bagaimana itu yang lagi viral," tuturnya.

Awalnya, Danil ragu dengan deadline waktunya. Namun, karena yang pesan Gubernur, ia yakin bisa menyelesaikan 6 jenis gendang tersebut.

"Alhamdulillah sekarang hampir selesai. Yang dipesan dari Pak Ganjar ada enam, yang lagi hits dari produk kami. Yaitu gendang ring petir tak, dan gendang dut. Selain itu dua kempul dan dua aselole atau gendang Banyuwangian. Iya bisa dibilang Bandung-Bondowoso," paparnya.

Semua gendang tersebut dibuat secara spesial. Mulai dari pemilihan kayu, kulit, cat, hingga aksesorisnya.

"Keunggulan bahannya kami pilih dari kayu nangka tua jadi tidak asal memilih kayu, karena yang muda pengaruh ke suara atau nada. Akseaoris pakai besi krum biar tidak mudah berkarat," tambahnya.

Dari enam gendang, jelas Danil, gendang ring petir menjadi istimewa. Selain modelnya yang keren, gendang ini memiliki suara yang stabil.

"Iya namanya gendang ring petir. Itu karena ring banyak, ini ada 16 ring. Selain keren, juga bisa menstabilkan suaranya," terangnya.

Danil Lestari sendiri mulai menekuni usaha pembuatan gendang sejak 2017 lalu. UMKM miliknya itu berawal dari hobinya bermain gendang dangdut.

"Sudah empat tahun, sejak 2017. Asalnya cuma hobi terus punya satu ada yang suka, terus bikin lagi tidak nyangka bisa seperti ini. Sejauh ini pesenan sudah merambah luar kota, daerah, pulau bahkan dari luar negeri yakni Taiwan dan Malaysia," kisahnya.

Ia mengaku senang karena dipercaya oleh Ganjar Pranowo untuk membuat gendang yang dihadiahkan untuk Farel.

"Iya senang, tidak bisa diungkapkan namanya juga Pak Ganjar (yang pesan). Semoga Mas Farel senang dan tambah sukses," tandasnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo bertemu Farel saat melantik Kagama Banyuwangi, beberapa waktu. Bahkan penyanyi cilik yang viral dengan tembang "Ojo Dibanding-bandingke" itu menciptakan lagu khusus buat Ganjar berjudul 'Tugiman'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement