Advertisement

Kominfo Minta Masyarakat Beralih ke TV Digital Sebelum 2 November

Khadijah Shahnaz
Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:37 WIB
Bhekti Suryani
Kominfo Minta Masyarakat Beralih ke TV Digital Sebelum 2 November TV Digital. Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini dalam proses penghentian siaran televisi analog terestrial atau Analog Switch Off (ASO) nasional ke TV Digital yang akan dilaksanakan paling lambat pada tanggal 2 November 2022.

Kominfo pun mengingatkan bagi masyarakat yang belum migrasi ke TV Digital kemungkinan siaran TV dirumahnya akan mati pada tanggal 2 November mendatang.

Adapun hal ini sesuai diamanatkan pasal 60A Undang-Undang No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran melalui Undang-Undang No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Sebelumnya, sistem pelaksanaan ASO dilaksanakan secara bertahap dalam tiga bagian yaitu pada tanggal tanggal 30 April 2022, 25 Agustus 2022, dan 2 November 2022, diubah menjadi pelaksanaan ASO berdasarkan kesiapan wilayah, dengan target seluruh siaran televisi analog di Indonesia harus sudah bermigrasi sebelum 2 November 2022. Pendekatan ini disebut dengan pendekatan multiple ASO.

BACA JUGA: Suporter Tewas, Sultan: Suporter PSS Sleman & PSIM Jangan Ada yang Merasa Paling Unggul

Hal ini dilakukan Kemenkominfo untuk menyesuaikan sistem pelaksanaan ASO dalam rangka mengefektifkan kegiatan ASO dan meminimalisir potensi kendala akses siaran masyarakat.

Terdapat tiga komponen yang ditinjau oleh Kementerian Kominfo dalam menentukan tingkat kesiapan teknis suatu wilayah untuk diberlakukan ASO. 

Pertama, terdapat siaran televisi analog di wilayah yang akan dihentikan siarannya. Kedua, wilayah yang tercakup dengan siaran televisi analog sudah siap digantikan dengan siaran TV digital. Dan ketiga bantuan Set-Top-Box (STB) untuk rumah tangga miskin di daerah tersebut sudah terdistribusi.

Kemenkominfo pun mengatakan akan memberikan pemberitahuan tanggal beserta wilayah yang sudah siap untuk diberlakukan ASO akan diumumkan secara resmi secara berkala.

Advertisement

Adapun, disampaikan pada acara Diskusi Publik Virtual pada tanggal 19 Agustus 2022 yang lalu, kesiapan wilayah ASO saat ini sedang dipusatkan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"Untuk mendukung kesuksesan agenda nasional migrasi siaran digital, kami meminta para stakeholders terkait dan juga seluruh masyarakat untuk terus mendorong penyelesaian agenda ASO tepat pada waktunya," imbau Kominfo.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement