Advertisement

Ini Dia, Kereta Panoramic Pertama di Indonesia yang Diluncurkan KAI

Afiffah Rahmah Nurdifa
Jum'at, 19 Agustus 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Dia, Kereta Panoramic Pertama di Indonesia yang Diluncurkan KAI Petugas sedang melakukan uji coba pada kereta panoramic pertama di Indonesia. - Dok. Balaipengujianka

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memodifikasi kereta penumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic pertama di Indonesia. 

Dikutip dari akun resmi @balaipengujianka, Jumat (19/8/2022) kereta tersebut dilengkapi dengan sunroof dan kaca yang lebih besar dibandingkan dengan kaca pada kereta api umumnya.

Advertisement

Elemen kaca yang dibuat lebih luas tersebut merupakan keunikan dan keistimewaan dari kereta panoramic. Pasalnya, dengan fasilitas tersebut penumpang dapat melihat pemandangan di luar kaca dengan lebih luas dan terbuka. Dengan demikian, pengalaman perjalanan pun terasa lebih eksklusif.

Saat ini, kereta tersebut dalam tahap uji coba oleh Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan PM No.15 Tahun 2011. 

Baca juga: Jokowi: Putin dan Xi Jinping Akan Hadir di G20 Bali

"Kereta yang mengalami modifikasi sebelum beroperasi harus dilakukan pengujian pertama," kata manajemen dalam postingan Instagram @balaipengujianka, Jumat (19/8/2022).

Uji coba yang dilakukan Tim Penguji Sarana Pereketaapian dari Balai Penguji KA dilakukan secara statis dan uji dinamis. 

Adapun uji coba yang dilakukan mencakup uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing, dan uji kebocoran. 

"Semua harus diuji untuk memastikan kereta ini laik operasi, aman, nyaman saat digunakan," ujarnya. 

Sebagai informasi, kereta panoramic atau Panoramic Train terkenal dioperasikan di Swiss dengan pemandangan gunung Alpen sebagai ikonik dari negara tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Tawuran, Lima Remaja Ditangkap Polisi di Bantul

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement