Advertisement

Pemakaian Baju Daerah saat Peringatan HUT RI, Setpres: Itu Ide dari Jokowi

Akbar Evandio
Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Pemakaian Baju Daerah saat Peringatan HUT RI, Setpres: Itu Ide dari Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat daerah asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi, Rabu (17/8/2022). - JIBI/Biro Pers Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono menjelaskan ide penggunaan baju daerah oleh para pejabat dan menteri saat menghadiri Perayaan HUT Ke-77 RI dan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka.

Heru mengungkapkan bahwa ide penggunaan baju daerah pada peringatan HUT ke-77 RI berasal dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). "Idenya dari beliau [Presiden] agar para pejabat dan menteri bisa melestarikan [budaya] sambil merayakan hari bersejarah," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022).

BACA JUGA: HUT ke-77 RI, 168.196 Narapidana Dapat Remisi

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Lebih lanjut, Heru menyampaikan tujuan penggunaan baju daerah tersebut adalah untuk mempromosikan dan menyampaikan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai historis dan seni yang tinggi.

"Ini patut dilestarikan. Termasuk tidak boleh di-copy negara lain. Ini lo kami negara RI punya baju adat dan harus dipromosikan," ujar dia.

Menurut pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), ragam baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia turut mewarnai upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Tidak hanya pejabat, sejumlah masyarakat pun tampak antusias mengikuti upacara HUT ke-77 RI mengenakan berbagai baju adat mulai dari Sabang sampai Merauke setelah berdatangan ke Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sejak pukul 08.00 WIB.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Membeludak! Pendaftar Panwascam Kulonprogo 2 Kali Lipat Lebihi Kebutuhan

Kulonprogo
| Kamis, 29 September 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement