Advertisement

Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan Rp608,3 Triliun pada Tahun Depan

Rika Anggraeni
Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan Rp608,3 Triliun pada Tahun Depan Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun atau 20 persen dari belanja negara dalam RAPBN 2023. - Antara/Galih Pradipta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun. Jumlah ini setara dengan 20 persen dari belanja negara dalam RAPBN 2023.

"Untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun," katanya saat menyampaikan Pidato Presiden Republik Indonesia Pengantar RAPBN 2023 dan Nota Keuangannya di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

BACA JUGA: Waduh...Kualitas Air di DIY Tak Sesuai Standar, Paling Parah di Kota Jogja

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Jokowi menambahkan, pemerintah harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. Untuk itu, Kepala Negara menilai Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa.

Adapun, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia ditekankan pada lima hal. Pertama, peningkatan akses pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan. Kedua, peningkatan kualitas sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan, terutama di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T).

Upaya ketiga, yakni penguatan link and match dengan pasar kerja. Keempat, pemerataan kualitas pendidikan, dan kelima adalah penguatan kualitas layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Secara keseluruhan, Jokowi menjelaskan belanja negara dalam RAPBN 2023 direncanakan sebesar Rp3.041,7 triliun. Belanja negara ini terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.230,0 triliun serta transfer ke daerah senilai Rp811,7 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kenalkan Potensi Wisata Sleman Barat, Tour de Merapi 2022 Kembali Digelar

Sleman
| Kamis, 06 Oktober 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement