Advertisement

PMI Klaten Kerap Kekurangan Stok Darah AB

Taufik Sidik Prakoso
Selasa, 02 Agustus 2022 - 23:57 WIB
Jumali
PMI Klaten Kerap Kekurangan Stok Darah AB Ilustrasi. - Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN — Stok darah di PMI Klaten hingga kini masih aman. Meski seperti itu, PMI Klaten terus menggencarkan kegiatan donor darah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bersinar.

Ketua PMI Cabang Klaten, Purwanto Anggono Cipto, mengatakan stok darah di PMI didistribusikan langsung ke rumah sakit yang sudah menjalin kerja sama dengan PMI Klaten.

Advertisement

Terkait stok darah yang kerap kekurangan, Purwanto menjelaskan selama ini kerap kekurangan stok darah AB. Selain permintaan yang cukup tinggi, jumlah pendonor darah AB masih sedikit.

“Alhamdulillah saat ini stoknya aman. Kami juga ada sukarelawan on call. Misalnya ada kekurangan yang mana dan kondisinya darurat, kami segera menghubungi sukarelawan,” urai dia, Selasa (2/8/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan Pemkab Klaten bersama PMI Klaten menggelar donor darah di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (2/8/2022). Selain ASN, peserta donor darah berasal dari karyawan swasta di wilayah Klaten.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten sekaligus memeringati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Target kami dari kegiatan di tingkat kabupaten dan kecamatan bisa mendapatkan 218 kantong darah. Harapannya, kebutuhan darah di Klaten bisa dipenuhi dari Klaten sendiri. Selama ini ketika ada satu kondisi membutuhkan darah terkadang harus mencari sampai ke kota sekitar,” kata Cahyono saat ditemui wartawan di sela kegiatan donor darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement