Advertisement

Hati-Hati Ada Pencatutan Nama Bupati Magelang

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Hati-Hati Ada Pencatutan Nama Bupati Magelang Hoaks Bupati Magelang minta sumbangan. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Bupati Magelang, Jawa Tengah, Zaenal Arifin, jadi korban pencatutan nama orang tak dikenal menggunakan nomor aplikasi obrolan Whatsapp 08123045187.

Dalam tangkapan layer percakapan, pelaku menghubungi seorang guru sekolah menengah pertama yang juga pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Magelang. Pelaku juga menggunakan foto profil Bupati Magelang Zaenal Arifin pada nomor Whatsapp.

Advertisement

“Assalamualaikum wr wb. Nopo leres niki pengurus TPQ Thoriqussalam. Saya bapak Zaenal Arifin dari Magelang,” demikian awal percakapan whatsapp tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra E. Wacana, menegaskan nomor yang beredar itu bukan milik Bupati Magelang, Zaenal Arifin.

“Kalau ada yang meminta bantuan dengan mengatasnamakan bupati atau pejabat lainnya, hal tersebut tidak benar. Masyarakat bisa meminta konfirmasi kebenarannya melalui akun media sosial kami [Pemkab Magelang],” kata Endra, Jumat (29/7/2022).

Endra juga menambahkan agar masyarakat juga jangan pernah menanggapi tawaran atau pertanyaan melalui pesan singkat elektronik atau Whatsapp yang nomornya tidak dikenal.

“Kalau ada permintaan untuk menjawab pertanyaan apapun melalui whatsapp, seperti misalnya, ketik angka satu untuk menjawab sebuah pertanyaan dari akun yang tidak jelas, agar diabaikan saja karena bisa saja kemungkinan oknum itu hacker,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement